Keutamaan Adzan, Datang Lebih Awal Ke Masjid Serta Fadhilah Shalat Isya dan Subuh

Date:

Keutamaan Adzan, Datang Lebih Awal Ke Masjid Serta Fadhilah Shalat Isya dan Subuh
عن أبي هريرة رضي الله عنه أنّ رسول الله صلى الله عليه وسلم قال ((لَوْ يعْلمُ النَّاسُ مَا في النِّداءِ والصَّفِّ الأَولِ ثُمَّ لَمْ يَجِدُوا إِلاَّ أَنْ يسْتَهِموا علَيهِ لاسْتهموا علَيْهِ، ولوْ يعْلَمُونَ مَا فِي التَّهْجِير لاسْتبَقوا إَليْهِ، ولَوْ يعْلَمُون مَا فِي العَتَمَةِ والصُّبْحِ لأتوهمُا ولَوْ حبوًا)) متفق عليه.
Abu Hurairah radhiyallhu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Seandainya orang – orang mengetahui pahala azan dan shaf awal (dalam shalat berjama’ah), kemudian untuk mendapatkannya harus melalui undian, tentu mereka mau melakukan undian itu. Jika mereka mengetahui pahala berangkat lebih awal untuk shalat, pasti mereka akan berlomba – lomba untuk berangkat shalat lebih awal. Dan seandainnya mereka mengetahui keutamaan shalat isya dan subuh, pasti mereka pergi ke masjid untuk melakukan shalat isya dan subuh meskipun harus merangkak”. (Muttafaq ‘alaih)
Pelajaran – pelajaran Hadits
1. Kita diperintah untuk berlomba – lomba mengumandangkan azan, karena azan merupakan syariat islam. Selain itu, pahala azan sangat besar.
2. Kita diperintahkan berlomba-lomba untuk mendapatkan shaf pertama dalam shalat berjama’ah. Karena yang didoakan pertama kali adalah imam, lalu yang berada di shaf pertama, lalu shaf kedua, dan seterusnya. Hikmah lain dari perinah ini adalah agar kita pergi ke masjid pada awal waktu.
3. Shalat berjam’ah di masjid dan pergi ke masjid di awal waktu memiliki keutamaan dan pahala yang besar.
4. Kita diperintahkan untuk melaksanakan shalat isya dan subuh secara berjama’ah di masjid, karena pelaksanaan dua shalat ini merupakan bukti keimanan yang sungguh-sungguh kepada Allah. Selain itu, dua shalat ini merupakan yang paling berat bagi orang-orang munafiq dan para pendosa.
(Sumber: Nuzhatul Muttaqin Syarh Riyadhis Shalihin (terj), DR. Mustofa Said Al-Khin, DR. Mustofa Al-Bugho, Muhyiddin Mistu, Ali Asy-Syirbaji, dan Muhammad Amin Luthfi, Jilid 2, hlm. 262-263).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

Apresiasi dari Wakil Ketua DKM Masjid Kubah 99 Asmaul Husna terhadap Kegiatan Tarbiyah Gabungan Wahdah Islamiyah Makassar

MAKASSAR, wahdah.or.id -- Wakil Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM)...

Padat, Masjid Kubah 99 Asmaul Husna Dipenuhi Jamaah Tarbiyah Gabungan Wahdah Makassar

MAKASSAR, wahdah.or.id -- Wahdah Islamiyah Makassar menggelar kegiatan Tarbiyah...

Pengurus Pusat Wahdah Islamiyah Sambangi Pengurus Pusat Hidayatullah Tuk Bahas Peluang Sinergi dan Kolaborasi

JAKARTA, wahdah.or.id - Dewan Pengurus Pusat Wahdah Islamiyah (DPP...

Sudah 7 Bulan Lebih Digempur Oleh Roket Israel, Jangan Biarkan Gaza Sendiri!

MAKASSAR, wahdah.or.id -- Waktu tujuh bulan lebih, bukanlah waktu...