MAKASSAR, wahdah.or.id – Proyek strategis Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam saat hijrah adalah membangun masjid. Di awal perkembangan Islam, masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga dimanfaatkan untuk berbagai fungsi strategis, di antaranya sebagai pusat penerimaan utusan-utusan. Karenanya Islam memberikan perhatian besar terhadap kemakmuran masjid.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua STIBA Makassar Akhmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A., Ph.D. saat memberi sambutan dalam kegiatan Pengukuhan Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid Anas bin Malik Kampus STIBA Makassar.

“Masjid Anas bin Malik telah masuk dalam keanggotaan Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI). Oleh karena itu, kita berharap Masjid Anas bin Malik selain sebagai tempat ibadah, kita juga berharap fungsi yang terkait dengan fungsi kampus terus berjalan. Mudah-mudahan bisa lebih baik lagi pada periode pengurus DKM yang akan datang,” tutur mudir STIBA tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Ustaz Ahmad menyampaikan tekadnya untuk menjadikan Masjid Anas bin Malik sebagai salah satu masjid kampus percontohan di Indonesia.

“Itu artinya kita perlu berbenah. Secara idarah manajerial administrasi perlu dibenahi serius agar lebih baik termasuk pendanaan. Para imam dan muazin punya standardisasi, tidak boleh biasa-biasa saja. Dari sisi penampilan saat bertugas, sekadar dilihat sudah bisa dikenal bahwa dia imam atau muazin. Demikian pula protokol yang menyampaikan pengumuman menggunakan jas almamater,” ujar Ustaz Akhmad.

Ustaz Akhmad juga menyampaikan bahwa dalam struktur DKM ini terdapat divisi khusus akhwat untuk kegiatan-kegiatan yang melibatkan jemaah perempuan.

“Selamat kepada DKM yang sebentar lagi akan dikukuhkan. Ini kemuliaan yang diberikan kepada Antum untuk mengurusi tempat yang paling dicintai Allah di atas muka bumi (masjid),” pungkasnya.

Pengukuhan secara resmi pengurus DKM Anas bin Malik dilakukan oleh Ketua AMKI Sulawesi Selatan Prof. Dr. Abdul Hamid Habbe, S.E., M.Si. Pada periode kepengurusan ini, DKM Anas bin Malik dipimpin oleh Ahmad Syaripudin, S.Pd.I., M.Pd.I. yang juga merupakan Wakil Ketua Bidang Kerja Sama STIBA Makassar.

Pengukuhan pengurus DKM Anas bin Malik selain dihadiri oleh mahasiswa, dosen, dan pengelola, juga dihadiri oleh Ketua Umum Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) Prof. Dr. Ir. H. Hermawan Kresno Dipojono yang hadir secara daring melalui media zoom.

Rep: Syahrul
Editor: Akbar

Artikulli paraprak9 Tips Menjadi Pemuda Tangguh di Tengah Pusaran Zaman
Artikulli tjetërKhutbah Jum’at – Potret Cinta Sahabat Kepada Nabi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini