Ketahanan Keluarga, Ujian dan Tantangannya

Date:

Pada acara Daurah Sakinah III Lembaga Pernikahan & Pembinaan Keluarga Sakinah (LP2KS) DPP Wahdah Islamiyah, Ahad (15 Mei 2022) Ustaz Muh. Zaitun Rasmin menyampaikan beberapa pesan penting soal menjaga ketahanan keluarga.

Materi dalam daurah ini agak spesial. Pesertanya hanya pasangan yang usia pernikahannya di atas 14 tahun.

Beliau menjelaskan bahwa ketahanan keluarga artinya ketika sebuah keluarga beserta segenap elemen di dalamnya dapat menjalankan fungsi-fungsinya dengan baik.

Sebagai contoh misalnya peran suami maupun istri. Pada dasarnya lelaki dan wanita mempunyai karakter yang berbeda. Wanita lebih cenderung mengutamakan perasaan, sedangkan lelaki lebih mendahulukan logika dalam berpikir.

Baik lelaki (suami) maupun wanita (istri), perlu saling melengkapi. Satu sama lain ibarat pakaian yang saling menutup kekurangan masing-masing.

Selain itu, ketahanan bagi sebuah keluarga adalah jika mampu “survive” menghadapi setiap tantangan dan ujian. Ujian dalam ketahanan keluarga bisa bermacam-macam ragamnya.

Terkadang pemicunya berawal dari hilangnya kehangatan komunikasi dan kebersamaan. Komunikasi yang yang baik paling tidak ditandai dengan dua hal; dasarnya adalah kasih sayang, serta saling menghargai. Bukan saling menjatuhkan atau bahkan mencari-cari kesalahan pasangan

Ujian yang perlu diwaspadai juga kata beliau antara lain, emosi yang tidak terkendali, permasalahan anak-anak, keuangan, serta fasilitas keseharian.

Hilangnya penghargaan pada suami juga dapat mengancam ketahanan keluarga. Dalam Islam, posisi suami adalah ‘qawam’. Istri perlu menghargai, dan suami juga harus memantaskan diri.

Termasuk yang perlu dipersiapkan dengan matang adalah persoalan poligami. Ini tidak bisa diabaikan, namun juga jangan serampangan dalam menjalankan. Perlu komunikasi dan edukasi terhadap masing-masing pasangan.

Ancaman yang tidak kalah serius adalah pornografi. Ini ancaman yang perlu diwaspadai, termasuk keluarga para da’i dan aktivis dakwah. Meski usia pernikahannya sudah belasan tahun. (*URH)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

Peserta Didik Sekolah Inspirasi Laznas WIZ Raih Juara Lomba di Al Qalam Gowa Islamic Competition 2024

GOWA, wahdah.or.id - Seorang murid Sekolah Inspirasi Laznas Wahdah...

Ada 3 Jenis Hati, Berikut Penjelasan dan Cara Menghidupkan Hati yang Sakit atau Mati

Jenis hati itu ada tiga. Hati yang sehat, hati...

Ketua DPW Maluku, Ust. Firman: Jaga Semangat Menolong Agama Allah, Allah Akan Berikan Pertolongan-Nya

AMBON, wahdah.or.id -- Satu lagi Dewan Pengurus Daerah Wahdah...

Turnamen Badminton Para Kader, Meriahkan Semarak Mukerda Wahdah Islamiyah Berau

BERAU, wahdah.or.id – Dakwah yang dilakoni oleh setiap Muslim...
Penataran Seputar Ramadan 1445 H