Kereta Khusus Perempuan Disambut Positif

Tri Kurniawan – Okezone

JAKARTA – Acara peresmian pengoperasian kereta khusus bagi penumpang perempuan yang semula akan digelar pada 10.00 WIB mundur hingga 10.45 WIB.

 

Hadir dalam peresmian ini Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Menteri Perhubungan Fredy Numberi. Selain itu, hadir anggota Komisi V DPR, Direktur PT KAI, dan Wali Kota Depok Nurmahmudi Ismail.

Pada kesempatan kali ini PT KAI meluncurkan kereta api seri 7.000 dan kereta api khusus perempuan di Dipo KRL Ratu Jaya Pancoran Mas, Depok, Kamis (19/8/2010).

Acara yang digelar cukup meriah ini juga diisi pameran foto bertema kereta api, serta pemutaran video komentar masyarakat mengenai pelayanan kereta api. Umumnya, pengguna mengeluhkan sering terlambat kereta dan faktor keamanan.

Para pengguna KRL juga mendukung upaya PT KAI menambah jumlah kereta dan menyediakan kereta khusus bagi perempuan. Pasalnya, selama ini layanan kereta api belum maksimal karena jumlah angkutan kereta yang terbatas.

Salah satu keluhan pengguna terutama penumpang perempuan kerap mengalami pelecehan seksual dari penumpang lainnya akibat berdesak-desakan.(ram) 

 

Berita Lain:

Jum’at, 20 Agustus 2010 , 03:30:00

Diresmikan, Gerbong KA Khusus Wanita

Suasana gerbong KRL khusus wanita. Foto : Ferry Pradolo/INDOPOS/JPNN
DEPOK – Terobosan baru dilakukan PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ). Perusahaan penyedia jasa layanan kereta api lintas Jabodetabek itu Kamis (19/8) resmi meluncurkan gerbong kereta khusus wanita (KKW). Peluncuran gerbong KKW tersebut disambut meriah banyak kalangan. Termasuk, Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Men PP dan PA) Linda Amalia Sari Gumelar.

"Ini bukanlah kebijakan yang memanjakan perempuan. Tapi, lebih dari itu, yakni upaya mencegah kejahatan terhadap perempuan di kereta api," ungkapnya saat peluncuran gerbong KKW di Depo KRL Ratu Jaya Citayam, Depok, kemarin (19/8).

Gerbong KKW itu, lanjut Linda, memberikan banyak kelebihan bagi kaum perempuan. Tak hanya diperlakukan berbeda dan terpisah dari gerbong umum, gerbong tersebut juga memiliki fasilitas yang lebih baik. Setidaknya, kata dia, kenyamanan pendingin udara atau AC dalam gerbong KKW tersebut terasa lebih sehat karena menggunakan bahan pendingin yang ramah lingkungan.

"AC-nya menggunakan bahan hidrokarbon. Itu bahan yang sangat ramah lingkungan. Jadi, nyaman digunakan, juga aman bagi lingkungan," paparnya.

Selain itu, Linda memastikan gerbong KKW tersebut bakal menjadi moda transportasi yang aman bagi kaum perempuan. Sebab, dalam setiap gerbong, disiagakan petugas keamanan perempuan. "Dengan begitu tidak ada lagi ketakutan kaum perempuan selama berada di dalam kereta," ujarnya.

Gerbong KKW tersebut merupakan fasilitas yang disiapkan dalam setiap rangkaian KRL. KKW yang menggunakan KRL seri 7000 itu akan dioperasikan melayani lintas Jakarta Kota-Bekasi, Jakarta Kota-Bogor, dan Tanah Abang-Serpong.

Gerbong khusus perempuan akan ditempatkan di paling depan dan paling belakang. Para perempuan tidak terlalu sulit mencari gerbong KKW tersebut. Terdapat gambar khusus yang dipasang di gerbong KKW. Yakni, gambar figur perempuan kecil bertulisan Kereta Khusus Wanita.  Dilengkapi pula dengan dua tanda larangan bagi calon penumpang laki-laki dan perempuan berpasangan.

Untuk sementara, PT KCJ menyiapkan gerbong KKW pada tiga rangkaian KRL saja dan bakal ditambah secara bertahap. Gerbong KKW tersebut hanya ada di KRL ekonomi dan KRL AC ekspres.

Menteri Perhubungan Freddy Numberi yang secara langsung meresmikan pengoperasian gerbong KKW dan KRL seri 7000 tersebut menuturkan, terobosan itu merupakan wujud pelayanan transportasi kereta api bagi publik pengguna kereta api.

"Ini merupakan ide-ide yang istimewa dan terobosan baru yang patut dipuji. Semoga ke depan perkeretaapian di Indonesia bisa lebih baik dan bisa diandalkan, sehingga menjadi alat transportasi utama bagi warga di Indonesia," tuturnya. (rko/jpnn/c5/kum) Foto Suasana Gerbong Khusus Perempuan  

Artikulli paraprak“MAMASE” Dalam Menghafal Al Quran
Artikulli tjetërPenumpang Wanita Minta Gerbong Khusus Ditambah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini