Kementerian LH Galang Pesantren
(Kerjasama Wahdah Islamiyah)

Laporan: Nasrun

MAKASSAR– Kementerian Negara Lingkungan Hidup (LH) menggandeng DPP Wahdah Islamiah (WI), mengadakan kegiatan, Pembekalan dan Pengukuhan Kader Lingkungan Pondok Pesantren di Hotel Singgasana, Selasa 24 Juni 2008.

Menggandeng WI sebagai partner, sebanyak 80 orang dari 34 pimpinan dan pengurus pondok pesantren se-Sulsel dikukuhkan sebagai kader lingkungan pondok pesantren. Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari program lingkungan pesantren, yang dicetus Deputi Kementerian Negara LH, bekerja sama dengan DPP WI.

Ketua Umum DPP WI, HM Zaitun Rasmin mengatakan, pondok pesantren saat ini harus mengambil peran dalam persoalan lingkungan hidup. "Ustad dan ulama jangan hanya menerangkan persoalan tauhid, akidah, ataupun fikih dalam khotbahnya, tapi bagaimana men-syi’ar-kan tentang kebersihan lingkungan sesuai dengan nilai-nilai Islam." ujarnya.

Sementara Asdep Urusan Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan, Bambang Widyantoro, mengungkapkan Kementerian Negara LH senantiasa bekerja sama dengan organisasi maupun LSM mana pun yang se-ide, dalam hal tindakan penyelamatan lingkungan hidup.

"Kebetulan untuk klaster Sulsel, kita manggalang kerja sama dengan WI. Tidak menutup kemungkinan kita bekerja sama dengan organisasi lainnya, ini wujud perhatian pemerintah terhadap lingkungan pesantren. Bahkan saat ini sudah ada 10 pondok pesantren di Indonesia yang mendapat Kalpataru langsung dari presiden," katanya.

Masih menurut beliau, saat ini Kementerian Negara Lingkungan Hidup telah menggalang berbagai kerjasama di daerah, diantaranya dengan klaster Lampung, Sumut, Sumbar, dan Sulsel. "Besok kita agendakan ke klaster Kaltim, membawa utusan dari WI untuk menjelaskan kembali mengenai pentingnya pemberdayaan lingkungan hidup," tandasnya. (aha) Sumber:fajar.co.id (Foto)

Artikulli paraprakDialog Kesehatan Lembaga Muslimah Tarakan
Artikulli tjetërRALAT DAN HIMBAUAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini