Kaji Wahdah Islamiyah, Dosen Unifa Raih Doktor

Fajar – Akademika, Rabu, 5 Januari 2011 Halaman 29

 

Makassar- Dosen Universitas Fajar, Hadiati berhasil meraih gelar doktor dalam ilmu sosial setelah berhasil memertahankan disertasinya berjudul “Komunikasi Dakwah dan Dinamika Kelompok Wahdah Islamiyah di Sulawesi Selatan”.

Sidang promosi doktor dipimpin oleh Dekan Fisip Unhas, Prof. Dr. H. Hamka. Bertindak sebagai promotor dan ko-promotor masing-masing, Prof Dr H Hafied Cangara, Prof HM Tahir Kasnawi, Prof Dr H Ahmad M Sewang, sedangkan penguji terdiri dari Prof Dr Abdul Salam dan Prof Dr Andi Alimuddin Unde. Hadiati memperoleh nilai sangat memuaskan.

Sidang promosi doktor itu berlangsung di gedung PKP Unhas, Selasa 4 Januari. Sejumlah pimpinan universitas hadir. Diantaranya Rektor Unifa, Prof Sadly AD, Pembantu Rektor IV UNM, Nurdin Noni, sejumlah dosen Unifa, dan Dekan FBS UNM, Dr Mansyur Akil yang juga suami Hadiati.

Wakil Ketua DPP Wahdah Islamiyah, H. Muh. Ikhwan Abdul Jalil Lc juga hadir bersama Ketua Departemen Pengembangan Daerah Wahdah Islamiyah, Iskandar Kato serta Ketua Departemen Pendidikan Wahdah Islamiyah, Mahmud Borahima.

Dalam disertasinya, Hadiati menyampaikan, Wahdah Islamiyah merupakan salah satu kelompok puritanis yang hadir di Sulawesi Selatan, dengan tampilan simbol-simbol keagamaan yang khas dan berbeda dengan simbol-simbol budaya setempat. Kelompok ini usianya relatif masih muda, lahir pada tahun 1998 sebagai sebuah yayasan pesantren dan memantapkan diri sebagai sebuah organisasi massa pada tahun 2002.

“Aktifitas dakwah dan gerakan sosial yang dilakukan sejalan dengan visi dan misi yang diembannya, menunjukkan Wahdah Islamiyah memenuhi fungsi goal attainment.Fungsi adaptasi dipenuhinya melalui kerjasama dengan berbagai pihak yang memiliki kompetensi sosial, politik, dan ekonomi,” ujar ibu dari lima anak ini. (sam) Lihat Dokumentasi

 

Artikulli paraprakMuak dengan Gaya Hidup Barat, 3.466 Wanita Inggris Jadi Mualaf
Artikulli tjetërDosen Unifa Raih Doktor

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini