Jum’atan Perdana di Nyi Ageng Serang Jakarta, Khatib Wahdah Gemakan Aajakan Kembali Makmurkan Masjid

Date:

JAKARTA, wahdah.or.id – Masjid Nyi Ageng Serang menyelenggarakan shalat Jum’at perdana pada Jum’at (8/2/24). Sebelumnya, kegiatan di masjid lantai 10 gedung milik pemerintah provinsi DKI Jakarta itu terhenti akibat kerusakan lift dan adanya pandemi Covid-19 sejak tahun 2019.

Ustadz Jayadi Hasan, salah satu da’i Wahdah Islamiyah di Jakarta didapuk menjadi khatib di salat Jum’at perdana tersebut. Beliau menggaungkan kembali ajakan untuk memakmurkan masjid sebagai titik tolak kemajuan sebuah masyarakat.

Dalam khutbahnya Ustadz Jayadi menyampaikan janji-janji Allah ta’ala bagi orang beriman.

”Di dalam Al-Quran setidaknya ada 17 Janji Allah subhanahu wata’ala untuk orang-orang beriman, diantaranya: orang-orang beriman dijanjikan mendapatkan kehidupan yang baik di dunia dan akhirat (Annahl :97), mendapatkan ketenangan hidup (Arra’d : 29), pemutihan dari segala dosa (Al-Maidah:9), senantiasa mendapatkan bimbingan (Yunus:9), menjadi orang-orang yang terhormat (Thoha:75), generasi manusia terbaik (Al-Bayyinah:7) serta senantiasa dimenangkan atas musuh-musuhnya (Arrum:47),” terangnya.

Beliau melanjutkan, “Sejarah dari masa ke masa sudah membuktikan hal tersebut. Di Andalusia, Islam memimpin dunia dengan keadilan dan penuh kedamaian selama kurang lebih 8 abad lamanya. Begitu juga sejarah kerajaan Islam Turki Ustmani yang menebarkan rahmat ajaran Islam dengan memimpin dunia selama 6 abad lamanya”.

Khutbah singkat di hadapan kurang lebih 300 jamaah Masjid Gedung Nyi Ageng Serang itu beliau tutup dengan menyitir firman Allah dalam surah Attaubah ayat 18, sebagai barometer serta panduan bagaimana menjadi orang-orang yang beriman yang dijanjikan begitu banyak keutamaan dan kemuliaan.

Allah berfirman:
“Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.”

“Orang-orang yang beriman adalah hamba Allah yang terbaik. Bagaimana cara agar kita menjadi orang yang beriman? Allah jelaskan di ayat tersebut yaitu dengan cara memakmurkan masjid-masjidNya dimanapun kita berada,” terang da’i yang juga Ketua Departemen Urusan Luar Negeri di Wahdah Islamiyah ini.

Berkenaan dengan kembali aktifnya kegiatan di Masjid Nyi Ageng Serang, pengelola gedung menyelenggarakan seremonial peresmian sekaligus acara Tarhib Ramadan dengan mengundang berbagai pihak. Hadir dalam acara seremonial tersebut Kasuban Aset Provinsi DKI jakarta, jajaran pejabat kantor Walikota Jakarta Selatan, Pengurus DKM Masjid yang baru terbentuk dan para ASN karyawan karyawati gedung Nyi Ageng Serang.

Dalam peresmian tersebut Ustadz Jayadi kembali didapuk untuk menyampaikan taushiyah dan pembacaan doa. Termasuk motivasi untuk menyambut bulan Ramadan.

Dalam taushiyahnya, Ustadz Jayadi mengajak hadirin untuk mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadan. Caranya dengan mempersiapkan empat hal, yaitu bertaubat kepada Allah, membuat target dan perencanaan, latih kebiasaan, dan bekali diri dengan ilmu.

Masjid Nyi Ageng Serang adalah masjid yang ada di lantai 10 Gedung Nyi Ageng Serang. Salah satu gedung perkantoran milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang beralamatkan di Jl. HR Rasuna Said, Jakarta Selatan. [ibw]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

Siap-Siap Kader Wahdah Sinjai! Berikut Jadwal Safari Dakwah Ketua Dewan Syariah

SINJAI, wahdah.or.id -- Mulai aktif menjalankan program kegiatan, menjelang...

Catat Tanggalnya! Tabligh Akbar Syawal Wahdah Islamiyah Akan Digelar di Butta Salewangang

MAKASSAR, wahdah.or.id - Seperti kebiasaan tiap tahunnya, pasca Ramadan,...

Wahdah Inspirasi Zakat Salurkan Paket Iftar Berisi Nasi dan Ayam Khas untuk Warga Khan Yunis

KHAN YUNIS, wahdah.or.id – Memasuki penghujung bulan suci Ramadhan,...