Saudaraku…
Jika hujan sedang deras dan angin sedang kencang, maka jangan berteduh di bawah pohon. Sebab ada kemungkinan sesuatu yang lebih berbahaya dari sekedar basah diguyur hujan menimpamu. Kau bisa kehilangan nyawa karena rebahan pohon yang tumbang tertiup angin.

Saudaraku…
Ibarat hujan deras dengan angin yang kencang itu, jika engkau memiliki masalah rumah tangga, maka jangan gegabah mencurahkan isi hati pada orang lain. Sebab ada kemungkinan sesuatu yang lebih berbahaya dari sekedar mengobati hati yang sedang sakit itu menimpamu.

Sahabat…
Pahamkah engkau akan maksudku?
Boleh jadi karena itu kau akan kehilangan pasangan hidupmu, karena teman curhatmu justru tertarik pada pasanganmu itu, dan ia berharap hubunganmu segera berakhir dengannya. Maka ia akan mencari celah tuk menggantikan posisimu dalam hidupnya. Kau akan semakin tersiksa.

Atau mungkin kau akan menceritakan aib-aib istrimu yang hakikatnya itu aib juga buatmu. Kau pikir kau sedang mengobati duka laramu, tapi ternyata perasaan itu tak juga terobati, sedang kau jatuh dalam ghibah, lalu sahabat curhatmu hanya akan mengatakan sesuatu yang kau juga telah tahu jawabannya, “Sabar”. Kaupun terjatuh dalam permainan syaithan.

Atau…
Mungkin sahabatmu tak punya keinginan pada pasanganmu, tapi ia akan memberi fatwa yang salah dalam rumah tanggamu, hingga masalah menjadi semakin runyam. Kau yang semakin tersiksa.

Karena itu wahai saudaraku…
Jikapun engkau ingin selamat dari angin yang kencang itu, maka carilah jalan yang paling aman bagimu. Yang pertama adalah doa pada-Nya. Karena Dialah yang mengatur segala-galanya. Lalu tengoklah kiri kanan, adakah sesuatu yang lebih aman untuk berteduh?

Saudaraku…
Ingatlah! Allah lah satu-satunya tempat pelarian terbaik untukmu, maka berdoalah, karena Dia akan mengabulkan permintaanmu. Jikapun mengharuskan kau berteduh, maka pastikanlah tempat itu adalah tempat yang kokoh dan aman, walau tentu semua itu tidak lepas dari takdir Allah jua.

Saudaraku…
Ketika masalah dalam rumah tanggamu semakin berat, hanya Allah lah tempat berlarimu yang terbaik. Diamlah dan jangan ceritakan pada orang lain. Percayalah pada-Nya, doamu pasti akan diijabah. Adapun yang lain, itu hanya akan menambah masalah baru buatmu.

Jikapun kau harus mencurahkan isi hatimu, maka carilah seseorang yang paling menjaga amanah, yang kau rasa ia bisa menjaga masalah privasimu. Tapi ingat, semua itu tidak lepas dari takdir Allah jua.

Saudaraku…
Solusi terbaik dari setiap masalahmu adalah engkau curhatkan pada Sang Pengatur segala-galanya. Dia takkan mengecewakanmu.

Tapi ingat…
Sabar… Karena doamu tidak mesti hari itu juga kan terkabulkan. Allah akan memilih waktu yang paling tepat buatmu. Percayalah…

Yang mencintaimu karena Allah.

Oleh Ustadz Abu Ukasyah Wahyu al-Munawy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here