Jajaki Program Kolaborasi, Departemen Lingkungan Hidup Wahdah Islamiyah Adakan Kunjungan ke Dinas Ketahanan Pangan Sulsel

Date:

MAKASSAR, wahdah.or.id Departemen Lingkungan Hidup (DLH) DPP Wahdah Islamiyah melakukan kunjungan ke kantor Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Selatan, Jalan DR. Ratulangi No.47, Kec. Mamajang, Kota Makassar, pada Kamis, 2 Februari 2022.

Kunjungan dipimpin langsung oleh Ustaz Ariesman, S.TP., M.Si., selaku Ketua DLH DPP WI, didampingi oleh La Ode Mustarim, S.Hut., selaku sekretaris DLH DPP WI, Ustaz Ahsan, S.T., selaku Ketua Departemen Sosial dan Lingkungan Hidup DPW WI Sulsel, serta Ustaz Mukmin, S.TP., selaku Sekretaris Departemen Sosial dan Lingkungan Hidup DPW WI Sulsel.

Dari pihak Dinas Ketahanan Pangan Sulsel diwakili oleh Ibu Dra. Erniwati Thamrin, MM., selaku Kabid Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan, Ibu Ir. Maria Magdalena, M.Si., Selaku Kepala Seksi Konsumsi, Ibu Andi Nunu Agung Satria,S.I.P., selaku Kasubag Umum dan Kepegawaian, serta Bapak Khalid, SP.,M.Si., selaku Support Penganekaragaman Pangan Dinas Ketahanan Pangan Sulsel.

Memulai kunjungan, Ustaz Ariesman memperkenalkan program-program Wahdah Islamiyah, salah satunya adalah program pelestarian lingkungan hidup.

Ustaz Ariesman menyebutkan, Wahdah Islamiyah memiliki banyak pondok pesantren yang memiliki lahan cukup luas yang menjadi potensi pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup, khususnya di wilayah Sulawesi Selatan.

“Salah satu program kami adalah membuat Pesantren Mandiri dalam hal produksi dan pengelolaan pangan yang akan menjadi pesantren percontohan, baik di lingkungan Wahdah Islamiyah, maupun di Indonesia secara umum,” terang Ustaz Ariesman.

Alumni Teknik Pertanian Universitas Hasanuddin ini melanjutkan, selama ini juga Wahdah Islamiyah telah melaksanakan edukasi kepada masyarakat terkait pangan, salah satunya melalui webinar pemanfaatan kelor, porang, jahe merah dan lainnya.

Menyambut penyampaian Ketua DLH DPP WI tersebut, Ibu Dra. Erniwati Thamrin, MM., selaku Kabid Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan Dinas Ketahanan Pangan Sulsel menuturkan, selama ini pihaknya telah membantu beberapa pondok pesantren dalam hal pengelolaan pangan, khususnya di wilayah Sulawesi Selatan.

“Pemerintah provinsi selama ini Alhamdulillah telah menaruh perhatian tinggi terhadap pesantren, baik infrastruktur maupun bantuan pengelolaan lingkungan pesantren. Untuk pengelolaan lingkungan pesantren, kami memiliki program Pekarangan Pangan Lestari, disingkat P2L. Program ini telah dijalankan di beberapa tempat, salah satunya Ponpes Yatama di Kab. Gowa yang telah berjalan selama setahun. Mereka menanam sayur dari bantuan bibit dan sarana pembibitan dari program P2L,” tutur ibu Erniwati.

Ibu Erniwati melanjutkan, untuk kerjasama P2L ini, instansi atau pondok pesantren harus mengajukan proposal dilengkapi berkas – berkas administrasi seperti Surat Keterangan (SK) pesantren dan keterangan luas lahan. Selain untuk pesantren, lanjutnya, program P2L juga telah melibatkan majelis-majelis taklim.

“Masyarakat biasa memiliki beras, tapi tidak memiliki pangan yang lain seperti sayur-sayuran. Akhirnya memudahkan terjadinya stunting karena kekurangan gizi. Padahal banyak bahan pangan yang bisa dikembangkan masyarakat,” jelas Ibu Erniwati.

Setelah kunjungan berakhir, Ustaz Ariesman melalui redaksi wahdah.or.id mengatakan, lanjutan dari kunjungan ini adalah DLH DPP WI akan mengajukan proposal kerjasama P2L untuk pondok-pondok pesantren di lingkungan Wahdah Islamiyah.

“Insya Allah setelah pengajuan proposal, kita coba melihat kemungkinan adanya kerjasama dalam bentuk MoU terkait pengolahan pangan dalam program P2L, untuk pesantren-pesantren kita,” tutup Ustaz Ariesman.

Rep: Rustam Hafid
Editor: Muh Akbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

Wahdah Inspirasi Zakat Salurkan Paket Iftar Berisi Nasi dan Ayam Khas untuk Warga Khan Yunis

KHAN YUNIS, wahdah.or.id – Memasuki penghujung bulan suci Ramadhan,...

Jangan Sampai Tidak Hafal! Ini Doa yang Nabi Ajarkan Ketika Bertemu Malam Lailatul Qadr

MAKASSAR, wahdah.or.id - Ramadan tahun ini 1445 H/2024 M,...

10 Hari Terakhir Ramadan: WIZ Terus Layani Dapur Umum di Khan Yunis, Palestina, 432 Orang Terbantu

KHAN YUNIS, wahdah.or.id – Memasuki 10 hari terakhir Ramadan,...