(Jakarta-wahdah.or.id)-“Masalah utama ummat Islam saat ini adalah problem ilmu”, demikian dikatakan Direktur Eksekutif INSISTS (Institute for The Study of Islamic Thought and Civilizations) DR. Syamsuddin Arif, Ma pada orasi ilmiah dalam rangka tasyakuran INSITS ke-13, di Gedung Juang 45 Jakarta, Selasa malam (1/2). Menurutnya inilah masalah utama yang dihadapi ummat Islam sebagaimana didiagnosa oleh Cendekiawan Melayu yang juga merupakan guru beliau Syed Muhammad Naquib al-Attas. “Ini adalah masalah utama yang dihadapi ummat Islam, namun luput dari pengamatan”, terang doktor Syam.
Memang tidak dapat dipungkiri, ada masalah sosial, ekonomi, politik dan sebagainya. Tapi akar dari semua itu adalah masalah dan problem ilmu. “Kalau direnungkan secara mendalam, jauh di dasar semua masalah itu, adalah masalah ilmu”, tegas alumni ISTAC Malaysia ini. Oleh karena itu, “di tengah hingar bingar dan hiruk pikuk politik, ekonomi, dan sebagainya seperti sekarang ini, INSISTS akan terus berbicara tentang ilmu”, lanjut pakar Orientalisme ini.
Pada malam itu penulis buku Orientalisme dan Diabolisme Pemikiran ini juga merelunching jurnal Islamia. Islamia merupakan merupakan jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh INSIST. Terbit pertama kali tahun 2003 bersamaan dengan pendirian INSISTS oleh sejumlah cendekiawan muda Islam yang memiliki ghirah melawan gerakan sekularisasi dan liberalisasi di tanah air. Tema Jurnal Islamia edisi terbaru (Vol.X No.1) tentang LGBT & Isu-isu Psikologi Modern. (sym)

Artikulli paraprakHADIRILAH KAJIAN ISLAMIYAH WAHDAH PINRANG
Artikulli tjetërTabligh Akbar “SEJUTA CINTA UNTUK INDONESIA” Wahdah Kendari

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini