Hasil Sidang Istbat: Hilal Terlihat di Empat Tempat

Selasa, 10/08/2010 19:20 WIB 
Didit Tri Kertapati – detikRamadan
Jakarta – Melalui sidang istbat, pemerintah Indonesia secara implist telah menetapkan bahwa 1 Ramadan 1431 H jatuh pada hari Rabu 11 Agustus 2010. Penetapan ini dilakukan setelah hilal terlihat di empat tempat.

 
Pengumuman hasil istbat ini disampaikan oleh Direktur Pembinaan Islam dan Urusan Syariah Kementerian Agama (Kemenag) yang juga selaku Ketua Badan Rukyat,  Dr Rohadi Abdul Fatah, dalam sidang istbat di kantor Kemenag, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (10/8/2010) malam.

Menurut Rohadi, menurut pengamatan dari 10 tempat di Indonesia, maka hilal terlihat di empat tempat. Keempat tempat itu adalah  Probolinggo, Gresik, Cilincing, dan Bengkulu. Rohadi menjelaskan, para saksi yang telah melihat adanya hilal itu sudah melalui sumpah.

Sebelumnya Rohadi menyampaikan sejumlah badan hisab dan ormas Islam telah melakukan hisab dan ijtima’ menjelang Ramadan jatuh pada hari ini sekitar pukul 10.00 WIB. Dengan demikian, tinggi hilal sudah di atas dua derajat. Artinya, sesuai hisab, awal Ramadan jatuh pada Rabu, 11 Agustus 2010.

Sidang ini dipimpin Menteri Agama Suryadharma Ali dan diikuti oleh sejumlah menteri dan perwakilan ormas Islam. Hingga pukul 19.20 WIB, sidang isbat masih berlangsung. Sementara Menag Suryadharma Ali belum mengetukkan palu sebagai penetapan awal Ramadan.

Artikulli paraprakDua Titik Masih Menunggu, Gresik Sudah Lihat Hilal
Artikulli tjetërPemerintah Tetapkan 1 Ramadhan Jatuh 11 Agustus

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini