Makassar, Wahdah.or.id – Haji bersama dengan Rasulullah ﷺ memang sudah tidak memungkinkan. Namun berbeda dengan yang disampaikan ustaz Muhammad Yusran Anshar. Ia mengatakan bahwa umrah di bulan suci Ramadhan nilai pahalanya sama dengan haji bersama Rasulullah ﷺ.

“Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bertanya pada seorang wanita, “Apa alasanmu sehingga tidak ikut berhaji bersama kami?” Wanita itu menjawab, “Aku punya tugas untuk memberi minum pada seekor unta di mana unta tersebut ditunggangi oleh ayah fulan dan anaknya –ditunggangi suami dan anaknya-. Ia meninggalkan unta tadi tanpa diberi minum, lantas kamilah yang bertugas membawakan air pada unta tersebut. Lantas Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Bukhari no. 1782 dan Muslim no. 1256),” terangnya.

Sehingga, ia berpesan agar umat Islam yang mempunyai kesempatan untuk bisa umrah di bulan Ramadhan untuk mengerjakannya. []

Artikulli paraprakMenyambut Datangnya Bulan Suci Ramadhan, Wahdah Islamiyah Helat Tabligh Akbar Secara Hybrid
Artikulli tjetërHUKUM MAKAN SISA DARI SEDEKAH

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini