MALANG, wahdah.or.id – Andi Muhammad Zubair, S.Pd., seorang guru dari Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Wahdah Islamiyah 01 Makassar menjadi peserta terbaik pertama dalam Diklat Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang diadakan di The Aliante Hotel & Convention Center, Malang, pada Senin, 20-23 Juni 2022.

Kegiatan itu diadakan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud). Kurikulum Merdeka merupakan bagian penting yang akan diikuti guru se-Indonesia dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa.

Kepala Bagian umum Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Timur, Sumandianto Affandi, S.Pd., M.M., yang langsung memberikan penghargaan kepada peserta yang meraih prestasi.

“Alhamdulillah, prestasi ini dipersembahkan untuk pendidikan Kota Makassar, dan tetap akan disalurkan ke rekan guru di Wahdah,” kata Zubair, yang merupakan satu-satunya perwakilan guru dari Sulawesi Selatan.

Saat menerima sertifikat penghargaan, Zubair mengenakan busana batik bertuliskan huruf lontara yang berbunyi: inakke mangkasara, inakke caradde, yang artinya: saya Makassar, saya cerdas.

Selanjutnya, hal terpenting yang akan dilakukan Zubair ke depan, yakni melakukan transformasi keilmuan kepada rekan guru di SD Islam Terpadu Wahdah Islamiyah 01 dan KKG Kota Makassar agar sosialisasi IKM semakin luas dan manfaatnya dapat dirasakan oleh bagi guru lainnya di Makassar.

Sebanyak 106 peserta dari berbagai daerah di Indonesia yang mengikuti pelatihan itu.  Selama kegiatan berlangsung, para peserta mempelajari terkait strategi IKM, penyusunan kurikulum (CP, TP, ATP, modul ajar), assessment dan proyek penguatan profil pelajar Pancasila.

Tak hanya itu, kinerja peserta pun turut dinilai, seperti tes pengetahuan, mengerjakan LK, dan keterampilan berdiskusi.

Sosok Andi Muhammad Zubair, S.Pd.

Andi Muhammad Zubair, S.Pd., adalah seorang guru yang juga pernah meraih juara 1 sebagai Guru Inspiratif Non-PNS Kota Makassar 2021.

Dia juga memiliki sejumlah karya dan prestasi, di antaranya Google Senior Leaders Lab (2021), Google Certified Educator (2020), instruktur pembuatan komik edukasi (2021), instruktur di Forum KKG Kota Makassar, instruktur desain grafis dan pemanfaatan media pembelajaran digital.

Prestasi lainnya, yakni peserta terbaik pertama diklat Digdaya (STEAM) yang diselenggarakan PPPPTK PKn dan IPS, Kemendikbudristek 2020; peserta terbaik diklat Wawasan Kebangsaan khusus guru SD yang diselenggarakan PPPPTK PKn dan IPS, Kemendikbudristek 2021.

Rep: Munawir Taufik
Editor: Muh Akbar

Artikulli paraprakWahdah Inspirasi Zakat Luncurkan Program Tebar Qurban Nusantara, Gabung Sekarang!
Artikulli tjetërWebinar Multimedia Medikom: Begini Cara Mudah Menulis Berita Kegiatan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini