Gali Wawasan Seputar Kajian Kitab Turats dan Pembinaan Karakter Mahasiswa, STIBA Makassar Sambangi Ma’had Salman al-Farisi dan Isy Karima

Date:

KARANGANYAR, wahdah.or.id – Agenda Studi Banding STIBA Makassar hari ketiga dimulai pukul 06.00 pagi di Karanganyar Jawa Tengah hingga malam hari di Yogyakarta.

Rombongan yang dipimpin oleh Ketua STIBA melakukan kunjungan pertama ke Ma’had Salman al-Farisi II. Kunjungan ini diterima oleh Syekh Dr. Labib Najib Abdullah dan Ustaz Abdurrahim Ba’asyir selaku Ketua Majlis Pembina dan Kiyai Yayasan Ponpes Salman Al Farisi, serta didampingi oleh sejumlah pejabat lainnya, di antaranya Anggota Majelis Pembina dan Kyai Yayasan, Direktur Ponpes, Kepala Ma’had Aly, dan Kepala Madrasah Ponpes Salman Al Farisi.

Tujuan utama kunjungan ini adalah untuk mengambil manfaat dari program-program yang dilaksanakan di Ma’had Salman al-Farisi, terutama dalam penguatan pemahaman terhadap kitab-kitab turats.

Ketua STIBA Makassar Ustaz Akhmad Hanafi Dain Yunta, M.A., Ph.D. menyampaikan bahwa STIBA berada di bawah naungan ormas Wahdah Islamiyah.

“Institusi pendidikan pertama yang didirikan oleh Wahdah adalah STIBA,” jelas Ustaz Akhmad.

Sementara Syekh Labib mengatakan bahwa pada dasarnya ia tidak menargetkan peserta didiknya begitu keluar dari Pondok Salman telah menjadi orang yang menguasai semua cabang ilmu, tapi setidaknya sudah ditunjukkan jalan ilmu dan diberikan kunci ilmu.

“Kitab yang diajarkan di sini hanya kitab-kitab turats. Karena siapa yang bisa memahami kitab turats maka akan mudah memahami kitab kontemporer,” ujar Syekh Labib.

Rombongan bertolak menuju ke Ma’had Isy Karima pada pukul 09.30. dan tiba sekitar pukul 10.00 WIB.

Hadir dalam seremoni penyambutan dan penandatanganan MoU Ketua Yayasan Sosial dan Pendidikan Isy Karima Ustaz Syihabuddin Abdul Muiz Al-Hafizh, Ustaz Apip Najaruddin S.Pd.I selaku Mudir Ma’had, Ustaz Alif Bahtiar, M.Pd. (Pembantu Direktur I), Ustaz Ahmad Sultoni, Lc., M.P.I. (Ketua STIQ), beserta para wakil ketua dan kaprodi.

Tujuan kunjungan studi banding ke STIQ ini adalah untuk menggali lebih banyak terkait semangat Ma’had Isy Karima khususnya STIQ dalam studi Al-Quran serta pembinaan karakter dan militansi mahasiswanya.

Dari penjelasan para penanggung jawab STIQ, faktor utama keunggulan mereka dalam bidang pengajaran Al-Qur’an maupun pembinaan karakter mahasiswa adalah penerimaan mahasiswa baru yang sangat selektif dan hanya menerima calon mahasiswa potensial.

Rep: Humas STIBA
Editor: Muh Akbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

Peserta Didik Sekolah Inspirasi Laznas WIZ Raih Juara Lomba di Al Qalam Gowa Islamic Competition 2024

GOWA, wahdah.or.id - Seorang murid Sekolah Inspirasi Laznas Wahdah...

Ada 3 Jenis Hati, Berikut Penjelasan dan Cara Menghidupkan Hati yang Sakit atau Mati

Jenis hati itu ada tiga. Hati yang sehat, hati...

Ketua DPW Maluku, Ust. Firman: Jaga Semangat Menolong Agama Allah, Allah Akan Berikan Pertolongan-Nya

AMBON, wahdah.or.id -- Satu lagi Dewan Pengurus Daerah Wahdah...

Turnamen Badminton Para Kader, Meriahkan Semarak Mukerda Wahdah Islamiyah Berau

BERAU, wahdah.or.id – Dakwah yang dilakoni oleh setiap Muslim...
Penataran Seputar Ramadan 1445 H