Empat Kelompok Pengajian Dapat Dibentuk Dari TK-TPA

Dalam merealisasikan program-program LP3Q DPP Wahdah Islamiyah, maka Ketua LP3Q DPP Wahdah Islamiyah secara maraton mengadakan sosialisasi LP3Q ke tiga DPC yaitu Pinrang, Sidrap dan Enrekang pada tanggal 8-10 Oktober 2010. Acara serupa juga telah dilaksanakan di Daerah Binaan Pangkep pada 3 Oktober 2010 lalu.

Target kegiatan sosialisasi selain sebagai sarana silaturrahmi dan pembinaan DPP ke DPC/Daerah binaan, juga untuk  menyamakan persepsi tentang Pendidikan al-Qur’an sebagai pintu awal pembinaan masyarakat. Sekaligus sebagai sarana Koordinasi dan komunikasi tentang perlunya LP3Q sebagai payung pendidikan al-Qur’an di Wahdah Islamiyah.

Ketua LP3Q DPP Wahdah Islamiyah Ustadz Komari, S.Pd dalam pemaparannya mengatakan bahwa dari sebuah TK-TPA akan dapat dikembangkan minimal empat kelompok pengajian. Yaitu POS (persatuan orang tua santri; pengajian rutin sebulan sekali), kelompok pengajian ustadz-ustadz TK-TPA , kelompok pengajian ustadzah-ustadzah TK-TPA , dan Dirosa ibu-ibu.

Lanjut Ustadz dihadapan pengurus DPC, Lembaga Muslimah dan para ustadz/ah pengajar al-Qur’an menyatakan bahwa secara kelembagaan maupun pribadi-pribadi ikhwan/akhwat harus bisa memberikan perhatian yang proporsional terhadap semua proyek dakwah yang ditangani. Tidak boleh berat sebelah seperti lembaga pendidikan formal ( TK Islam, SDI, SMP Terpadu, SMA Terpadu, Pesantren Tahfidzul dan lain-lain )yang mendapatkan perhatian yang maksimal dari para kader kita, tetapi tidak di program lain.

Menurutnya, kedudukan strategis Pendidikan al-Qur’an, antara lain : dapat diterima secara umum pada semua lapisan masyarakat, menjadi pembuka jalan bagi gerakan  dakwah selanjutnya, sederhana dan efisien pengelolaannya, efektif dalam memberikan hasil.

Program TK-TPA , Dirosa (Dirasah Orang Dewasa) dan Tahsinul Qiro’ah perlu terus ditingkatkan pengelolaannya secara kelembagaan. Olehnya itu, maka sangat perlu untuk membentuk LP3Q sebagai lembaga yang secara khusus menangani, membina dan mengembangkan pendidikan al-Qur’an.(*) 

 

Artikulli paraprakPeskil di Universitas Terbesar Kota Bau-Bau
Artikulli tjetërJihad dengan Al Quran

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini