GORONTALO – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Gorontalo mengundang Wahdah Peduli (WP) daerah Gorontalo untuk mengikuti Pelatihan Potensi SAR di Ketinggian (Vertical Rescue) di Kantor SAR Gorontalo, Jalan Pangeran Hidayat II Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Pelatihan akan berlangsung selama enam hari, dimulai pada Kamis (4/3/2021) hingga Selasa (9/3/2021).

Dalam surat bernomor B.070/BNP.02.03/II/SARGTO-2021, Kantor SAR Gorontalo menuliskan, pelatihan dalam rangka meningkatkan kemampuan di bidang SAR bagi potensi SAR dalam penyelenggaraan operasi.

Arief Rinanda selaku ketua WP Daerah Gorontalo menjelaskan, undangan resmi ini diajukan oleh Kantor SAR Gorontalo kepada WP dalam bentuk permintaan peserta pelatihan.

“Hari ini dua orang perwakilan Wahdah Peduli Kota Gorontalo memenuhi undangan Kantor SAR Gorontalo dalam pelatihan vertical rescue yang akan dilaksanakan selama tujuh hari ke depan,” ujar Arief Rinanda, Kamis (4/3/2021).

WP Gorontalo sangat mengapresiasi kegiatan ini, ujar Arief Rinanda. Menurutnya, pelatihan ini sangat bermanfaat bagi relawan Wahdah Peduli, karena kegiatan seperti ini dapat meningkatkan wawasan serta skill SAR, terutama ketika ada operasi SAR kebencanaan yang membutuhkan tenaga dan skill yang mumpuni dalam hal pencarian dan penyelamatan korban.

WP Gorontalo mengutus dua relawan untuk mengikuti pelatihan, yakni atas nama Andi Harvin Dg Thalib dan Ahmad Yamin.

Sebagai informasi, Vertical Rescue merupakan bagian dari operasi SAR. Dapat diartikan sebagai teknik evakuasi objek dari titik rendah ke titik yang lebih tinggi atau kebalikannya, pada medan yang terjal baik kering maupun basah. (*rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here