DPP WAHDAH ISLAMIYAH SUKSES GELAR MUKERNAS IX

Date:

(Makassar-wahdah.or.id)- Dewan Pimpinan Pusat Wahdah Islamiyah (DPP WI) menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) IX di Hotel Wisata Univeristas Indonesia Timur (UIT), Jln. Abdul Kadir Makassar. Mukernas pertama pasca Muktamar III di Jakarta ini berlangsung selama tiga hari, Jum’at- Ahad (30/9-2/10) dengan mengambi tema Membangun sinergitas, Profesionalisme, dan Kemandirian Organisasi Sebagai Landasan Untuk Mewujdukan Visi 2030.

Mukernas ini bertujuan untuk menyusun dan menetapkan program kerja serta anggaran pendapatan dan belanja pertahuan pengurus DPP WI. Tema yang diusung dalam Mukernas ini diharapkan menjadi pondasi dalam merealisasikan visi 2030 Wahdah Islamiyah, yakni di eksis di 80% Kabupaten dan Kota seindonesia. (Baca: http://wahdah.or.id/kembali-pimpin-wahdah-islamiyah-ustad-zaitun-tugas-kita-ke-depan-tidak-ringan/).

Salah satu agenda yang menjadi topik pembicaraan di forum ini adalah perbaikan kinerja lembaga serta peningkatan kualitas dan kuantitas kader. Sebagai ormas Islam Wahdah Islamiyah bertekad menjadikan kaderisasi sebagai ujung tombah pergerakannya. “Kaderisasi adalah sesuatu yang mutlak bagi kita”, ujar Ketua Umum WI, Ustad Muhammad Zaitun Rasmin saat menyampaikan arahan pada hari kedua Mukernas (1/10).

Menurutnya sebagai ormas Islam, harus memberi perhatian pada persoalan kaderisasi, baik pada aspek peningkatan kualitas waupun kuantitasnya. “Tugas kita sebagai aktuvis Islam dan mujahid da’wah adalah melakukan kaderisasi, dengan terus mengingkat kualitas dan kuantitas kader” , imbuh Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat ini.

Peserta Mukernas IX Wahdah Islamiyah
Peserta Mukernas IX Wahdah Islamiyah

Mukernas dihadiri sekitar 570an peserta yang terdiri atas unsur DPP untusan 136 Dewan Pimpinan Daerah (DPD), Dewan Pimpinan Wilayah (DPW), serta Muslimah Wahdah Wilayah (MWW) dan Muslimah Wahdah Daerah (MWD).

Selain itu di sela-sela pleno pembahasan rancangan program masing-masing Departemen peserta Mukernas WI juga mendengarkan ceramah pencerahan dari anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) asal Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Muhammad Iqbal Parewangi. Ceramah pencerahan dilaksanakan pada Sabtu (1/10) malam dengan tajuk Membangun Sinergitas DPD RI dengan Ormas Islam dalam rangka Mewujdukan Kemandirian di bidang Keberagamaan, Pendidikan, dan Kesehatan.

Iqbal Parewangi (DPD RI) dalam Mukernas IX WI
Iqbal Parewangi (DPD RI) dalam Mukernas IX WI

Dalam arahannya senator yang juga aktivis Islam ini menyampaikan bahwa setidaknya ada tiga hal yang dapat disinergikan antara ormas Islam dan DPD yaitu legislasi dan regulasi, repsentasi, dan program. Berkaitan dengan persoalan regulasi beliau menitikberatkan pada pentingnya peran ormas Islam dalam memberikan masukan pada para senator dalam penyusunan regulasi di DPR/DPD. Sementara berkaitan dengan program, “ada program DPD secara kelembagaan, ada program yang melekat pada anggota secara person”, ucapnya. “Ini semua dapat disinergikan”, tegasnya. (sym).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

Olimpiade Paris 2024 Segera Dimulai, Ust. Zaitun Bersama ARI-BP Jadwalkan Aksi Damai Tolak Israel Agar Tak Ikut Serta

JAKARTA, wahdah.or.id -- Pemimpin Umum Wahdah Islamiyah Ust. Dr....

DPW Wahdah Islamiyah Bali Terima Wakaf 1 Unit Ambulance, Rasulullah Sebut Pahala Amal Jariyah Tidak Akan Terputus

BALI, wahdah.or.id - Di tengah semangat kebersamaan dan kepedulian,...

Manfaat Jalan Kaki: Sederhana Tapi Penuh Manfaat

Wahdah.Or.Id -- Sebagai seorang Muslim, menjaga kesehatan adalah sebuah...

Sambut Kunjungan Wahdah, Ini Pesan Mendag Soal IKN

JAKARTA, wahdah.or.id - Ketua DPP Wahdah Islamiyah Ustadz Zaitun...