DPLN WI Sudan Sambut Maba International University Of Africa Asal Indonesia

Date:

KHARTOUM-SUDAN, wahdah.or.id– Pengurus Dewan Perwakilan Luar Negeri (DPLN) Wahdah Islamiyah Sudan mengadakan sambutan dan ramah tamah bersama mahasiswa baru International University of africa (IUA) di Kharotum Sudan, Kamis 30 Agustus 2018.

Sebanyak 14 calon mahasiswa asal Indonesia berhasil mendapatkan beasiswa lewat jalur MoU Wahdah Islamiyah dengan IUA tahun 1439 H.

Acara tersebut kemudian dilanjutkan dihari berikutnya Ahad 2 September 2018 dengan agenda pengenalan kampus oleh DPLN Wahdah Islamiyah Sudan dan taujihat yang diberikan oleh Ustad Abdul Latif Lc. dan Ustad Yusran Massi Lc. Alumni IUA.

Kegiatan ini bertujuan agar nantinya para mahasiswa diharapkan mampu bersabar dalam menghadapi hambatan yang ada di negeri Afrika, baik itu berupa cuaca yang panas, muamalah dengan pribumi Sudan yang tentunya berbeda dengan nusantara, orang asing yang baru dikenal dan terutama dalam masalah administrasi di Sudan.

Orientasi ini juga sebagai pengenalan dan pembekalan kepada mahasiswa baru sebelum mereka memasuki asrama kampus dan fakultas masing-masing.

Berkaitan dengan asrama IUA ini terbagi menjadi dua yaitu yang dikenal dengan dakhiliyyah markaz dan dakhiliyyah maududi, masing-masing dakhiliyyah memiliki asrama tersendiri.

Pilihan Fakultas IUA terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya fakultas Al-qur’an karim, Syariah dan hukum, study Islam (dirosah islamiyyah), Adab, tarbiyah, Bahasa Arab dan beberapa fakultas ulumuddin lainnya.

Beberapa fakultas IUA juga memiki jurusan masing-masing, seperti fakultas dirosah memiliki jurusan sirah, hadist, dakwah dan aqidah, adapun fakultas al-qur’an memiliki dua jurusan yaitu tafsir dan qiroah.

Ustadz Abdul latif menegaskan: “Kalian harus senantiasa ingat untuk selalu memperbaharui niat selama berada di Sudan, selalu bersyukur dan bersabar dengan fasilitas yang ada, dan jangan lupa senantiasa aktif dalam materi perkuliahan dan majelis para masyaikh yang kedua ini harus jalan selaras.”.[]
___
Laporan : Muh Fadli
(Mahasiswa IUA Sudan)
Editor : Yoshi Putra Pratama
(Mahasiswa UIM KSA)
Fotografer : Muhammad Fauzi
(Mahasiswa IUA Sudan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

Apresiasi dari Wakil Ketua DKM Masjid Kubah 99 Asmaul Husna terhadap Kegiatan Tarbiyah Gabungan Wahdah Islamiyah Makassar

MAKASSAR, wahdah.or.id -- Wakil Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM)...

Padat, Masjid Kubah 99 Asmaul Husna Dipenuhi Jamaah Tarbiyah Gabungan Wahdah Makassar

MAKASSAR, wahdah.or.id -- Wahdah Islamiyah Makassar menggelar kegiatan Tarbiyah...

Pengurus Pusat Wahdah Islamiyah Sambangi Pengurus Pusat Hidayatullah Tuk Bahas Peluang Sinergi dan Kolaborasi

JAKARTA, wahdah.or.id - Dewan Pengurus Pusat Wahdah Islamiyah (DPP...

Sudah 7 Bulan Lebih Digempur Oleh Roket Israel, Jangan Biarkan Gaza Sendiri!

MAKASSAR, wahdah.or.id -- Waktu tujuh bulan lebih, bukanlah waktu...