Dosen Kesehatan UGM Jelaskan Pentingnya Aktivitas Olahraga dalam Menjaga Kesehatan Tubuh

Date:

MAKASSAR, wahdah.or.id Departemen Kesehatan Farmasi dan Olahraga (DEPKESFARGA) mengadakan Taklim Spesial Duta Sehat dengan tema “Olahraga yang Benar dan Aman”, yang menghadirkan Dr. dr. Zaenal Muttaqien Sofro, AIFM yang juga sebagai Dosen Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Gajah Mada. Kegiatan ini dilakukan secara Virtual melalui Zoom Meeting, Rabu (3/8/2022).

Taklim Spesial Duta Sehat ini di adakan agar kita bisa mengetahui olahraga apa saja aman dan kita lakukan dalam kehidupan kita sehari-hari yang tentunya sejalan dengan syariat Islam.

Pertemuan kita pada malam hari ini adalah untuk kita bersama-sama mendapatkan manfaat dari apa yang telah menjadi bimbingan dari Nabi Muhammad, dimana beliau telah memberikan banyak ilmu untuk bisa kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari untuk bisa selalu sehat jasmani dan rohani.

Dalam materinya Doktor Zaenal menjelaskan pentingnya mengentahui kemampuan diri sebelum berolahraga, karena hal ini penting untuk menjadi ukuran olahraga apa yang tepat untuk tubuh kita.

“Banyak kita dapati orang yang berolahraga, lantas sakit bahkan meninggal dan cedera lainnya. Bisa jadi karena tidak mengetahui kapasitas tenaga dalam dirinya,” ujarnya.

Menurutnya, bahwa dalam berolahraga kita juga harus meluruskan tujuan atau niat kita untuk diluruskan. Selain dari memperkuat badan dan menjaga kesehatan.

“Olahraga adalah obat untuk menyebuhkan berbagai penyakit, baik persendian, otot dan penyakit lainnya. Dalam kehidupan kita ini harus aktif dalam berolahraga, minimal dalam 1 pekan kita memiliki waktu untuk berolahraga,” tungkasnya.

Doktor Zaenal juga mengungkapkan tantangan yang kita hadapi saat ini, yakni kurangnya aktivitas gerak terhadap anak-anak dan generasi kita, yang mereka lebih banyak waktu dan fokusnya untuk bermain gadget.

Selain itu, Ia juga mengingatkan bagi yang telah memiliki usia di atas 30 tahun agar mulai mengubah pola hidup untuk banyak bergerak, agar dapat menjaga kesehatan.

“Dengan bertambahnya usia, utaman yang telah berusia 30 tahun ke atas. Sangat penting untuk mulai banyak bergerak dan olahraga, karena bertambahnya usia akan semakin banyak lemak yang menumpuk dan bisa jadi menjadi pembulu darah,” tambahnya.

Sebab itu, Doktor Zaenal mengajak kepada seluruh peserta agar memperhatikan tubuh atau kesehatan diri kita dengan memiliki jadwal olahraga masing-masing, agar kita mendapatkan kesegaran dan energy dalam tubuh kita, sehingga kita bisa menjalani kehidupan kita sehari-hari dengan sehat dan aman.

Rep: Muh Akbar
Editor: Absaid

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

Pengurus Pusat Wahdah Islamiyah Sambangi Pengurus Pusat Hidayatullah Tuk Bahas Peluang Sinergi dan Kolaborasi

JAKARTA, wahdah.or.id - Dewan Pengurus Pusat Wahdah Islamiyah (DPP...

Sudah 7 Bulan Lebih Digempur Oleh Roket Israel, Jangan Biarkan Gaza Sendiri!

MAKASSAR, wahdah.or.id -- Waktu tujuh bulan lebih, bukanlah waktu...

Suarakan Bela Palestina, Ketua STIBA Orasi Menggunakan Tiga Bahasa

MAKASSAR, wahdah.or.id -- Wahdah Islamiyah sukses menggelar aksi bela...

Bela Palestina, Wahdah Islamiyah Se Indonesia Serukan Hentikan Genosida Di Palestina

MAKASSAR, wahdah.or.id – Ormas Islam Wahdah Islamiyah menggelar aksi...