Di Tabligh Akbar Wahdah Islamiyah, Buya Ike Muttaqin Berbagi 6 Trik Jitu Menghafal Qur’an Bagi Orang Sibuk

Date:

 

SEMARANG – Dalam even kegiatan Tablig Akbar bertema “Satu Rumah Satu Hafizh Al-Qur’an untuk Kejayaan Indonesia”, Buya Ike Muttaqin, guru dari Ahmad dan Kamil, juara lomba Hafizh Indonesia, memberikan trik jitu mudah hafal Al-Qur’an, khususnya bagi orang-orang sibuk.

 

“Jangankan yang masih kanak-kanak, yang dewasa dan sibuk pun pasti bisa hafal,” ujarnya, dalam kegiatan yang digelar oleh Dewan Pimpinan Wilayah Wahdah Islamiyah Jawa Tengah dan Jawa Timur, Ahad (10/10/2021).

 

Beberapa tips yang dibagi adalah dalam menghafal Al-Qur’an perlu adanya kemauan dari pribadi penghafal. “Kalau kita sibuk, asal ada kemauan pasti Allah akan mudahkan,” ujarnya.

 

Ia melanjutkan, tak cukup dengan kemauan, butuh juga keikhlasan untuk menjaga niat dalam menghafal Al-Qur’an. Tips ketiga adalah punya kesungguhan. Salah satu caranya adalah punya waktu khusus. “Kalau perlu kita punya ruangan khusus dan waktu khusus menghafal. Sekali dua hari juga boleh, asal rutin, kalau memang kita terlalu sibuk,” urainya.

 

Sementara tips yang keempat, Buya Ike menganjurkan bagi siapapun yang mau menjadi hafizh untuk fokus menghafal dengan cara menyingkirkan musuh Al-Qur’an. “Singkirkan HP, non aktifkan WA, Instagram dan semua yang bisa membuyarkan konsentrasi,” tambahnya.

 

Terakhir, untuk menghafal Al-Qur’an, kita perlu untuk sering mengulang-ulangi hafalan dan tetap berdoa agar dikuatkan dan dimudahkan selama menghafal.

 

“Ahmad dan Kamil ini, kita target lima juz dia murojaah sehari. Sampai kapan, sampai mati. Karena hafalan itu mudah dan cepat, tapi cepat pula keluar dan hilang, makanya perlu dijaga dengan muroja’ah,” pungkasnya.

 

Acara ini merupakan bagian dari rangkaian sosialisasi Muktamar IV Wahdah Islamiyah yang akan digelar pada Desember mendatang. []

Syamsuddin Al-Munawiy
Syamsuddin Al-Munawiy
Beliau merupakan pimpinan Pondok Pesantren Tahfidz Wahdah Islamiyah (Tingkat SMA) Kab. Bogor dan Merupakan Asisten Ketua Umum Wahdah Islamiyah serta saat ini melanjutkan pendidikan Doktor Pendidikan Islam di Universitas Ibn Khaldun Bogor (UIKA).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

Ada 3 Jenis Hati, Berikut Penjelasan dan Cara Menghidupkan Hati yang Sakit atau Mati

Jenis hati itu ada tiga. Hati yang sehat, hati...

Ketua DPW Maluku, Ust. Firman: Jaga Semangat Menolong Agama Allah, Allah Akan Berikan Pertolongan-Nya

AMBON, wahdah.or.id -- Satu lagi Dewan Pengurus Daerah Wahdah...

Turnamen Badminton Para Kader, Meriahkan Semarak Mukerda Wahdah Islamiyah Berau

BERAU, wahdah.or.id – Dakwah yang dilakoni oleh setiap Muslim...

Wahdah Islamiyah Bandung Raya Menggelar Tabligh Akbar “Al-Qur’an di Dadaku”

BANDUNG, wahdah.or.id --  Bertempat di Masjid Istiqamah Taman Citarum Bandung,...
Penataran Seputar Ramadan 1445 H