Dewan Syariah : 1 Syawal 1430 H Jatuh Hari Ahad 20 September

Melalui rapat Dewan Syariah Sabtu malam 19/9, maka diputuskan 1 Syawal 1430 H jatuh pada hari Ahad 20 September 2009. Rincian Surat Dewan Syariah sebagai berikut:

SURAT KEPUTUSAN

KETUA DEWAN SYARIAH WAHDAH ISLAMIYAH

Nomor    : D.025/QR/D.SR-WI/VIII/1430 H

    Tentang :   

Penetapan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1430 H

Dengan memohon Rahmat Allah Azza Wajalla, Dewan Syariah Wahdah Islamiyah setelah :

Menimbang  :

1. Bahwa penetapan hari Raya Idul Fitri adalah perkara syar’i hendaknya didasarkan kepada dalil yang jelas sebab berkaitan dengan ibadah puasa dan selainnya

2. Bahwa masyarakat Wahdah Islamiyah membutuhkan penjelasan tentang hari Raya Idul Fitri untuk tahun 1430 H

3. Bahwa berdasarkan pertimbangan tersebut di atas maka dipandang perlu menetapkan hal itu dalam sebuah Surat Keputusan.

Mengingat :

1. Firman Allah Azza Wajalla dalam al-Qur’an Surah al-Baqarah ayat 185:

فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُم الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

“Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat  tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu”

2. Hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yang artinya: “Berpuasalah kamu karena melihatnya (hilal), berlebaranlah kamu karena melihatnya dan bila kamu terhalang dari melihatnya maka sempurnakanlah bulan Sya’ban 30 hari” (Muttafaq Alaihi dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu)

3. Hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yang artinya: “Berpuasa adalah hari di saat kamu sekalian berpuasa, berlebaran adalah hari di saat kamu sekalian berlebaran dan berkurban adalah hari di saat kamu sekalian berkurban”. (HR. at-Tirmidzi dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu dan disahihkan oleh al-Albani). Imam at-Tirmidzi berkata: Sebahagian ulama menafsirkan hadits ini bahwa yang dimaksud adalah berpuasa dan berbuka hendaknya bersama jamaah dan mayoritas kaum muslimin.

Memperhatikan :   
1. Keputusan Menteri Agama RI pada tanggal 29 Ramadhan 1430 H/ 19 September 2009 M tentang hari Raya Idul Fitri untuk tahun 1430H

2. Hasil pemantauan Tim Ru’yatul hilal DPP WI pada tanggal 29 Ramadhan 1430 H yang melaporkan bahwa bulan/Hilal tidak terlihat, namun Tim mendapatkan laporan terlihatnya hilal dibeberapa tempat diantaranya di Semarang dan Sukabumi

 

MEMUTUSKAN

Menetapkan  :   

1. Hari Raya Idul Fitri untuk tahun 1430 H adalah jatuh pada hari Ahad bertepatan dengan tanggal 20 September 2009 M

2. Hal yang belum ditetapkan tetapi sangat relevan, atau jika terdapat kekeliruan dalam surat keputusan ini, maka akan diadakan perbaikan seperlunya.

                                             Ditetapkan             : Di Makassar                                              Pada tanggal          : 29 Ramadhan   1430H                                                                                19 September   2009M

DEWAN SYARIAH WAHDAH ISLAMIYAH



H. Said Abd. Shamad Lc

 Ketua

Tembusan Kepada Ykh :
1.    Ketua Umum DPP Wahdah Islamiyah
2.    Ketua Dewan Syura Wahdah Islamiyah
3.    Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Wahdah Islamiyah
4.    Pertinggal.

 

 

Artikulli paraprakSidang Isbat Putuskan 1 Syawal Jatuh 20 September
Artikulli tjetërSyawal, Awal Kebaikan Pasca-Ramadan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini