Ciri Amalan yang Diterima Oleh Alloh

Date:

Kenikmatan yang sangat besar manakala seorang hamba diberikan kemudahan dalam kelaksanakan sebuah ketaatan pada Alloh. Baik ketaatan dalam ibadah yang ringan apalagi ibadah yang masuk dalam kategori berat. Maka hendaknya seorang hamba memperbanyak doa pada Alloh agar diterima amalnya tersebut. Kemudian berusaha mempertahankan dan menjaga semangat ibadahnya. Serta menghindari perkara-perkara yang dapat mengurangi atau bahkan menggugurkan pahala amalnya.

Diantara ciri amalan yang diterima oleh Alloh adalah bertambahnya semangat dalam beramal kebaikan dan ketaatan pada Alloh.

Imam Hasan Al Basri berkata,

“إن من جزاء الحسنة الحسنة بعدها، ومن عقوبة السيئة السيئةُ بعدها، فإذا قبل الله العبد فإنه يوفقه إلى الطاعة، ويصرفه عن المعصية”

“Sesungguhnya diantara balasan amalan kebaikan ialah melaksanakan kebaikan setelahnya.
Dan diantara hukuman atas perbuatan buruk ialah melakukan keburukan setelahnya.
Maka, apabila Allah telah menerima (amalan) seorang hamba, niscaya Allah akan memberinya taufiq untuk melaksanakan ketaatan, dan memalingkannya dari perbuatan maksiat..”

Beliau juga pernah berkata,

“يا ابن آدم إن لم تكن فى زيادة فأنت فى نقصان”.

“Wahai bani Adam, jika engkau tidak dalam keadaan bertambah (kebaikanmu), maka engkau akan berada dalam keadaan berkurang..”

Ibarat sebuah ladang, ia akan bertambah subur jika disiram dan dipupuk dengan baik, sehingga akan menghasilkan buah-buahan yang banyak. Sebaliknya, jika ladang tersebut dibiarkan dan tidak dirawat maka tidak akan menghasilkan apa-apa. Begitulah seorang muslim, ia akan bertambah sholeh manakala disiram dengan air kesholehan. Sehingga menghasilkan buah berupa bagusnya ibadah, akhlak dan muamalah.

Kebaikan seorang mukmin akan terpancar dan dirasakan oleh orang-orang disekitarnya. Mudah senyum, mudah memberi dan meminta maaf, mudah dalam segala kebaikan.

Oleh Ustadz Reky Abu Musa, Lc

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

Hari Pertama Berkantor Pasca Liburan Syawal, Ust. Rahmat Nasehatkan Agar Upgrade Diri di Ramadan dengan Ibadah Menjadi Peningkat Kinerja

MAKASSAR, wahdah.or.id -- Aktivitas berkantor Pegawai DPP Wahdah Islamiyah...

Siap-Siap Kader Wahdah Sinjai! Berikut Jadwal Safari Dakwah Ketua Dewan Syariah

SINJAI, wahdah.or.id -- Mulai aktif menjalankan program kegiatan, menjelang...

Catat Tanggalnya! Tabligh Akbar Syawal Wahdah Islamiyah Akan Digelar di Butta Salewangang

MAKASSAR, wahdah.or.id - Seperti kebiasaan tiap tahunnya, pasca Ramadan,...