Buka Puasa

Bulan Ramadhan adalah bulan kebaikan dan keberkahan. Allah ÓÈÍÇäå æÊÚáì memberkahi hamba-hambaNya di bulan ini dengan banyak keutamaan dan diantara keutamaan yang Allah ÓÈÍÇäå æÊÚáì berikan bagi orang yang berpuasa adalah ketika ia berbuka puasa

Keutamaan Berbuka Puasa
1. Menyegerakan berbuka berarti menghasilkan kebaikan
Rasulullah Õá ÇááÉ Úáíå æÓáã bersabda :

  áÇó íóÒóÇáõ ÇáÜäøóÇÓõ ÈöÎóíúÑò ãóÇ ÚóÌøóáõæÇ ÇáúÝöØúÑó

Senantiasa manusia di dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka” (HR. Bukhari dan Muslim)

Diriwayatkan bahwa Abu Athiyah dan Masruq ÑÍãåãÇ Çááå datang menemui Aisyah ÑÖí Çááå ÚäåÇ untuk meminta pen-dapat beliau, ia (Abu Athiyah) berkata :

ÏóÎóáúÊõ ÃóäÜÜÜÜóÇ æóãóÓúÑõæÞñ Úóáóì ÚóÇÆöÔóÉó ÝóÞõáúäÜÜóÇ íóÇ Ãõãøó ÇáúãõÄúãöäöíäó ÑóÌõáÇóäö ãöäú ÃóÕúÍóÇÈö ãõÍóãøóÏ
ÃóÍóÏõåõãóÇ íõÜÜÚóÌøöáõ ÇúáÅöÝúØóÇÑó æóíÜõÜÜÚóÌøöáõ ÇáÕøóáÇóÉó æóÇúáÂÎóÑõ íõÄóÎøöÑõ ÇúáÅöÝúØóÇÑó æóíÜõÜÜÄóÎøöÑõ ÇáÕøóáÇóÉó ÞóÇáóÊú ÃóíÜÜøõÜÜåõãóÇ ÇáøóÐöí íõÜÜÚóÌøöáõ ÇúáÅöÝúØóÇÑó æóíõÚóÌøöáõ ÇáÕøóáÇóÉó ÞóÇáó ÞõáúÜÜäóÇ ÚóÈúÏõ Çááåö íóÚúäöí ÇÈúäó ãóÓúÚõæÏò ÞóÇáóÊú ßóÐóáößó ßóÇäó íóÕúÜÜäóÚõ ÑóÓõæáõ Çááåö

“Saya menenui Aisyah bersama dengan Masruq, maka kami berkata : “Wahai Ummul Mu’minin (bagaimana pendapat anda dengan) dua orang dari shahabat Muhammad Õá ÇááÉ Úáíå æÓáã yang salah satu dari mereka mempercepat  berbuka puasa dan mempercepat (waktu) shalat, sedang yang lainnya mengakhirkan berbuka puasa dan mengakhirkan shalat ?”, maka ia (Aisyah) bertanya : “Siapa diantara keduanya yang  mempercepat  berbuka puasa dan mempercepat (waktu) shalat (Maghrib)?” kami menjawab :”Abdullah yaitu bin Mas’ud”, maka ia berkata : “Demikianlah yang dilakukan oleh Rasulullah ” (HR. Muslim, Tirmidzi, Nasa’i dan Abu Daud)

2. Berbuka puasa adalah salah satu dari dua kegembiraan
Rasulullah Õá ÇááÉ Úáíå æÓáã bersabda :

  áöáÕøóÜÜÇÆöãö ÝóÑúÍóÜÜÊóÇäö ÝóÑúÍóÉñ Íöíäó íõÝúØöÑõ æóÝóÑúÍóÉñ Íöíäó íóáúÞóì ÑóÈÜÜøóÜÜåõ 

“Seorang yang berpuasa memiliki dua kegembiraan yaitu kegembiraan ketika berbuka dan kegembiraan ketika bertemu Rabbnya” (HR. Bukhari)

Seorang yang berpuasa mendapatkan kegembiraan ketika berbuka, dikarenakan ia telah menyempurnakan puasanya dan telah menyelesaikan ibadahnya serta telah mendapatkan keringanan dari Tuhannya sebagai pertolongan baginya untuk berpuasa pada hari berikutnya (Lihat Tuhfathul Ahwadzi 3:396)

3. Menyegerakan berbuka berarti menyelisihi Yahudi dan Nashrani
Rasulullah Õá ÇááÉ Úáíå æÓáã bersabda :

  áÇó íóÒóÇáõ ÇáÏøöíäõ ÙóÇåöÑðÇ ãóÇ ÚóÌøóáó ÇáÜÜäøóÜÇÓõ ÇáúÝöØúÑó  öáÃóäøó ÇáúÜÜíóÜåõæÏó æóÇáÜäøóÕóÇÑóì íõÜÜÄóÎøöÑõæäó

“Agama ini akan senantisa menang selama manusia menyegerakan berbuka, karena orang-orang Yahudi dan Nashrani mengakhirkannya” (HHR. Abu Daud)

Orang Yahudi dan Nashrani mereka mengakhirkan berbuka hingga munculnya bintang-bintang, sebagaima-na yang diriwayatkan  oleh Sahl bin Sa’ad ÑÖí Çááå Úäå, Rasulullah Õá ÇááÉ Úáíå æÓáã bersabda:

  áÇó ÊóÒóÇáõ ÃõãÜøóÜÊöíú Úóáóì ÓõÜÜäøóÊöíú ãóÇ áóãú ÊóÜÜäúÊóÙöÑú ÈöÝöØúÑöåóÇ ÇáÜÜäøõÜÌõæúãó

“Ummatku akan senantiasa dalam sunnahku selama mereka tidak menunggu bintang ketika berbuka” (HSR. Ibnu Hibban)

Berkata Imam Ibnu Hajar Al Asqalani ÑÍãå Çááå : “Telah berkata Imam Syafi’i dalam kitab Al Umm : “Mempercepat berbuka puasa adalah perbuatan yang disunnahkan dan mengakhirkannya bukanlah perbuatan yang diharamkan kecuali apabila menganggap bahwa mengakhirkan berbuka puasa terdapat di dalamnya keutamaan” (Lihat Fathul Bari 4:199)

Waktu berbuka
Jika telah datang malam dari arah timur, menghilangkan siang dari arah barat dan matahari telah terbenam berbukalah orang yang berpuasa, Allah ÓÈÍÇäå æÊÚáì berfirman :

  Ëõãøó ÃóÊöãøõæÇ ÇáÕøöíóÇãó Åöáóì ÇááøóÜÜíúáö  ÇáÈÞÑÉ : 187

“Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam” (QS. Al Baqarah : 187)
Dari Umar ÑÖí Çááå Úäå ia berkata, Rasulullah Õá ÇááÉ Úáíå æÓáã bersabda :

  ÅöÐóÇ ÃóÞúÈóáó ÇááøóÜÜíúáõ ãöäú åóÇ åõäóÇ æóÃóÏúÈÜÜóÑó ÇáÜäøóÜÜÜåóÇÑõ ãöäú åóÇ åõÜÜäóÇ æóÛóÑóÈÜÜóÊú ÇáÔøóÜÜãúÓõ ÝóÞóÏú ÃóÝúØóÑó ÇáÕøóÜÜÇÆöãõ 

“Jika malam datang dari sini, siang menghilang dari sini dan matahari telah terbenam maka berbukalah orang yang berpuasa” (HR. Bukhari dan Muslim)

Berbuka dengan apa ??
Disunnahkan untuk berbuka dengan ruthab (kurma muda yang matang sebelum menjadi tamr) jika tidak ada maka dengan tamr (kurma matang) dan jika tidak ada maka dengan air, hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari Anas bin Malik ia berkata :

ßóÇäó ÑóÓõæáõ Çááåö   íõÝúØöÑõ Úóáóì ÑõØóÈóÇÊò ÞóÜÈúáó Ãóäú íõÕóáøöíó ÝóÅöäú áóãú Êóßõäú ÑõØóÈÜóÇÊñ ÝóÚóáóì ÊóãóÑóÇÊò ÝóÅöäú áóãú Êóßõäú ÍóÓóÇ ÍóÓóæóÇÊò ãöäú ãóÇÁò

“Adalah Rasulullah berbuka dengan ruthab (kurma basah) sebelum melaksanakan shalat, jika tidak ada ruthab maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering) dan jika tidak ada tamr maka beliau minum dengan satu tegukan air” (HR. Ahmad dan Abu Daud)

Hadits di atas juga merupkan dalil tentang disunnahkannya berbuka puasa sebelum shalat magrib. Berkata Anas bin Malik : “Saya tidak melihat Rasulullah Õá ÇááÉ Úáíå æÓáã melaksanakan shalat hingga beliau berbuka puasa walaupun hanya dengan seteguk air” (R. Ibnu Abdil Barr)
      
Imam Asy Syaukani dan lainnya berkata: ”Disyariatkannya berbuka puasa dengan korma di karenakan korma mempunyai rasa yang manis dan semua yang manis-manis dapat memperkuat penglihatan yang sempat melemah ketika berpuasa, ….dan apabila sebab disyariatkannya berbuka dengan korma tersebut adalah rasa manis dan karena rasa manis  itu mempunyai pengaruh bagi badan maka hal tersebut tentu juga terdapat pada semua jenis makanan yang manis-manis" (Lihat Tuhfatul Ahwadzi 3:311)

Do’a berbuka puasa
Sesungguhnya orang yang berpuasa memiliki waktu yang istijabah yang mana apabila ia berdo’a pada saat itu maka Allah akan mengabulkannya yaitu ketika berbuka puasa. Rasulullah Õá ÇááÉ Úáíå æÓáã bersabda :

  Åöäøó áöáÕøóÇÆöãö ÚöäúÏó ÝöØúÑöåö  áóÏóÚúæóÉð  ãóÇ ÊõÑóÏøõ

“Sesungguhnya orang yang berpuasa memiliki do’a yang tidak tertolak (yaitu) ketika berbuka” (HHR. Ibnu Majah)

Adapun yang dibaca sebelum berbuka puasa adalah membaca basmalah yaitu “Bismillah”, hal ini berdasarkan beberapa dalil umum, diantaranya :

1. Perintah Rasulullah Õá ÇááÉ Úáíå æÓáã
Diriwayatkan oleh Umar bin Abi Salamah, Rasulullah Õá ÇááÉ Úáíå æÓáã bersabda :

Óóãøö Çááåó æóßõáú Èöíóãöíäößó æóßõáú ãöãøóÜÇ íóáÜÜöíßó

“Sebutlah nama Allah (ucapkan basmalah), makanlah dengan tangan kanan dan makanlah apa yang berada di dekatmu” (HR. Bukhari dan Muslim)

di hadits lainnya Rasulullah Õá ÇááÉ Úáíå æÓáã bersabda :

ÅöÐóÇ Ãóßóáó ÃóÍóÏõßõãú ØóÚóÇãðÇ ÝóáúíÜóÜÞõáú ÈöÓúãö Çááåö

“Apabila salah seorang dari kalian makan makanan maka ucapkanlah “Bismillah” (HR. At Tirmidzi)

2. Pemberitahuan beliau bahwa syaithan ikut serta makan bersama manusia apabila tidak membaca basmalah.
Hal ini berdasarkan hadits dari Umayyah bin Makhsyiyyi , beliau berkata :
“Adalah Rasulullah Õá ÇááÉ Úáíå æÓáã duduk dan seseorang sedang makan di sisinya namun ia tidak menyebut nama Allah, hingga tidak tersisa dari makannya kecuali sesuap dan ketika dia bermaksud untuk makan suapannya yang terakhir dia mengucapkan :

ÈöÓúãö Çááåö  Ãóæøóáóåõ  æó  ÂÎöÑóåõ

“Dengan nama Allah di permulaan dan di akhirnya”

maka Nabi Õá ÇááÉ Úáíå æÓáã tersenyum kemudian bersabda :

  ãóÇ ÒóÇáó ÇáÔøóíúØóÇäõ íóÃúßõáõ ãóÚóåõ ÝóáóãøóÇ ÐóßóÑó ÇÓúãó Çááåö   ÇÓúÊóÞóÇÁó ãóÇ Ýöí ÈóØúäöåö

“Senantiasa syaithan makan bersamanya, lalu ketika ia menyebut nama Allah ÓÈÍÇäå æÊÚáì, syaithan memuntahkan apa yang ada di dalam perutnya” (HR. Abu Daud)
    
Adapun do’a yang dibaca sesudah berbuka puasa adalah :

  ÐóåóÈó ÇáÙøóÜÜÜãóÃõ æó ÇÈúÊóÜÜáøóÊú ÇáúÚõÑõæÞõ æó ËóÈÜÜóÊó ÇúáÃóÌúÑõ Åöäú ÔóÇÁó Çááåõ

“Telah hilang dahaga, telah basah urat-urat dan telah ditetapkan pahala Insya Allah” (HHR. Abu Daud)

Do’a ini di baca setelah mencicipi makanan atau minuman berbuka puasa dan bukan sebelumnya karena tidak mungkin dikatakan telah hilang dahaga apabila belum makan atau minum –Wallahu A’lam-
    
Dan masih terdapat beberapa do’a berbuka puasa selain do’a di atas namun semua riwayatnya tidak ada yang shahih, dan diantaranya adalah :

 Çááøóåõãøó áóßó ÕõãúÊõ æóÚóáóì ÑöÒúÞößó ÃóÝúØóÑúÊõ ÑæÇå ÃÈæ ÏÇæÏ

“Ya Allah hanya kepadaMu-lah saya berpuasa dan atas rizkiMu-lah saya berbuka puasa” (HHR. Abu Daud)

Berkata Syaikh Bakr bin Abdillah Abu Zaid : “Sanad hadits ini dhaif” (Lihat Tashih Ad Du’a hal. 507)

Berkata Syaikh Al Albani : “Sanad hadits ini dhaif, karena disamping hadits ini mursal, terdapat pula di dalamnya seorang rawi yang majhul (tidak dikenal) yaitu Mu’adz (bin Zuhrah)” (Lihat Irwa’ Al Ghalil 4:38)
    
Adapun dzikir-dzikir khusus dan do’a- do’a yang dibaca secara berjama’ah dengan nada-nada tertentu menjelang waktu berbuka puasa maka ini tidak ada contohnya dari Rasulullah Õá ÇááÉ Úáíå æÓáã -Wallahu A’lam-

Memberi makanan untuk berbuka puasa
Orang yang memberi makan untuk berbuka puasa akan mendapatkan pahala yang besar dan kebaikan yang banyak, Rasulullah Õá ÇááÉ Úáíå æÓáã bersabda :

  ãóäú ÝóØøóÑó ÕóÇÆöãðÇ ßóÇäó áóåõ ãöËúáõ ÃóÌúÑöåö ÛóíúÑó Ãóäøóåõ áÇó íÜÜóÜÜäúÞõÕõ ãöäú ÃóÌúÑö ÇáÕøóÇÆöãö ÔóÜÜíúÆðÇ 

“Barang siapa yang memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa maka ia akan mendapatkan pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun” (HR. Ahmad, Tirmidzi dan Ibnu Majah)
      
Dan bagi orang yang diundang untuk berbuka puasa hendaknya memenuhi undangan tersebut selama di dalamnya tidak terdapat kemungkaran yang bertentangan dengan syariat, karena hal itu merupakan hak seorang muslim atas muslim lainnya, Rasulullah Õá ÇááÉ Úáíå æÓáã bersabda :

ÍóÞøõ ÇáúãõÓúáöãö Úóáóì ÇáúãõÓúáöãö ÎóãúÓñ ….ÅöÌóÇÈÜÜóÜÉõ ÇáÏøóÚúæóÉö 

“Hak seorang muslim atas muslim lainnya ada lima : (diantaranya)..Memenuhi undangan” (HR. Bukari dan Muslim)
     
Dan disunnahkan bagi yang diundang untuk mendo’akan kepada pengundangnya setelah selesai makan, dan diantara do’a yang dicontohkan oleh Rasulullah Õá ÇááÉ Úáíå æÓáã :

Çááøóåõãøó ÃóØúÚöãú ãóäú ÃóØúÜÚóãóäöí æóÃóÓúÞö ãóäú ÃóÓúÞóÇäöí

“Ya Allah berilah makan orang yang memberiku makan dan berilah minum orang yang memberiku minum” (HR. Muslim)
atau membaca do’a:

ÃóÝúØóÑó ÚöäúÏóßõãú ÇáÕøóÇÆöãõæäó æóÃóßóáó ØóÚóÇãóßõãú ÇúáÃóÈúÑóÇÑõ æóÕóáøóÊú ÚóáóÜÜÜíúßõãú ÇáúãóáÇóÆößóÉõ

Telah berbuka disisi kalian orang-orang yang berpuasa, makananmu telah di makan oleh orang-orang yang bertaqwa dan para malaikat telah bersalawat kepada kalian” (HR. Abu Daud dan Ahmad) -Al Fikrah-

-Abu Muhammad Shabir bin Suhardi
Al Atsari-

Maraji’:
1. Shifatu Shoumi An Nabi  fi Ramadhan, Salim bin ‘Ied Al Hilali dan ‘Ali Hasan ‘Ali Abdul Hamid
2. Asy Syarh Al Mumti’ Ala Zadi Al Mustaqni’, Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin

 

Artikulli paraprakShalat Tarawih
Artikulli tjetërMeraup Berkah di Saat Sahur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini