Bone Adakan Pelatihan

Keselamatan Penyelaman Bagi Nelayan

 

Bone, 17 Dzulhijjah 1429 H/ 14 desember 2008. Materi penting menyangkut keselamatan hidup nelayan dikupas tuntas oleh dr. Sabruddin, Staf Puskesmas Kading Kec. Barebbo (Sekretaris  Wahdah Islamiyah Cabang Bone). Mulai dari pencegahan sampai pengobatan beberapa kecelakaan kerja yang biasa terjadi dalam melaksanakan aktifitas penyelaman.

 

Materi ini merupakan materi terakhir pada rangkaian pelatihan tersebut setelah sebelumnya materi tentang Standar Keselamatan Penyelaman yang dibawakan oleh Mislam Nur, ST di dampingi oleh Idham Khalid, ST Kedua pemateri ini adalah Anggota  marine Since Diving Club (MSD Club) yang terkahir ini telah mendapatkan sertifikat pendidikan khusus penyelam internasional pada tingkat VI.

 

Sebelumnya, Ust. H. Ilham Jaya, Lc, MHI, anggota pakar dewan fatwa Majelis Ulama Indonesia Kota Makassar membawakan materi pandangan Islam terhadap Lingkungan Hidup khususnya pada Masyarakat pesisir. Syamsun M, utusan LPS (Lembaga Pemberdayaan Sosial) menyayangkan Kegiatan ini tidak disampaikan di depan umum atau di depan khatib jumat ataupun Imam-imam Masjid sehingga masyarakat memahami bahwa Islam bukan hanya mengurus tentang sholat atau urusan akhirat semata. Pandangan ini sebelumnya telah disampaikan oleh Ir. Abd. Rahim, pimpinan WI Cabang Bone selaku ketua tim kerja PEMP dalam sambutannya pada acara pembukaan pelatihan ini. Ungkapan senada disamapaikan Amir, A.Md Kasubdin Budidaya Perikanan mewakili Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan ketika membuka acara tersebut.

Pembukaan diselenggarakan di Aula kantor Kecamatan Tanete Riattang Timur, jalan Bajoe pada Ahad, 14 desember 2008. Menurut ketua Tim kerja PEMP, kegiatan ini akan dilanjutkan dengan penghijauan dan pembersihan di pesisir pantai. Program ini merupakan program pemerintah pusat khususnya Departemen  Perikanan dan Kelautan yang bertujuan memberdayakan masyarakat pesisir lewat lembaga keagamaan dan adat dimana Wahdah Islamiyah Cabang Bone telah dipercayakan melaksanakan program yang sama  pada tahun sebelumnya.

 

Artikulli paraprakTabligh Akbar Santri TKA-TPA binaan PTKA di Masjid Agung Pinrang
Artikulli tjetërWahdah Kendari Miliki Pondok Pesantren dan Masjid Baru

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini