Biro Umum Gelar Pelatihan Pelayanan Tamu
Bertempat di Ruang rapat Dewan Pimpinan Pusat Wahdah Islamiyah (DPP WI), Biro Umum dan Keamanan DPP WI gelar pelatihan Pelayanan Tamu. Pelatihan yang mengambil tema, “Kunci Sukses Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam Dalam Bermuamalat”, berlangsung, Jum’at/25/3, di buka oleh Wakil Ketua Umum, Ust. Muh. Ikhwan Abdul Jalil, Lc.
Menurut Ketua Biro Umum dan Keamanan, Ir. Saiful Bahri, kegiatan ini bertujuan meningkat kualitas lembaga dalam pelayanan tamu. Terlebih lagi, lanjut alumni Fakultas Pertanian Unhas ini, sebagai lembaga yang bergerak dalam pelayanan umat, perlu keterampilan khusus dalam melayani tamu, baik tamu internal lembaga maupun tamu eksternal lembaga.
Dalam sambutannya, Ust.Muh. Ikhwan, menegaskan pentingnya persoalan dalam menerima tamu, sebab merupakan bagian penting dalam bermuamalat. Olehnya itu, pengurus MUI Makassar ini, berharap kegiatan ini mendapat perhatian dari pengurus dan karyawan Wahdah Islamiyah, dan dapat diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari.
Sementara itu akademis UNM, Abdul. Saman, S.Pd, M.Pd, yang tampil sebagai pemateri menguraikan, apabila seseorang masuk bekerja pada sebuah instansi, maka sejak itu harus menanamkan dirinya siap melayani orang lain. Olehnya itu, lanjut putra kelahiran Bone ini, salah satu kunci keberhasilan organisasi dan instansi pemerintah, adalah bagaimana pelayanan prima kepada orang lain.
Dalam proses melayani, Kandidat Doktor Universitas Kebangsaan Malaysia ini, menambahkan ada beberapa prinsip pelayanan prima yang perlu diketahui, yakni; fokus melayani, melayani dengan nurani, perbaikan berkelanjutan dan pemberdayaan pelanggan.
Untuk menilai kualitas pelayanan, dosen Fakultas Psikologi UNM ini, menambahkan beberapa indikator, kemampuan memenuhi janji (reliability), pengetahuan dan keramahan (assurance), kepedulian dengan penuh perhatian (emphaty), kecepatan dan keikhlasan (responsiviness), penyediaan fasilitas fisik (tangible).
Sementara itu, ust. Ir. Idris Parakkasi, MM, yang tampil sebagai pemateri kedua, banyak menguraikan pentingnya pelayanan tamu dari segi syariah. Menurut Direktur Pinbuk Sulsel ini, bahwa umat Islam memang ditekankan agar selalu berbuat baik kepada sesama manusia. Hal ini, lanjut pengurus ICMI Sulsel ini, banyak ditekankan dalam Al Qur’an dan Hadits.
Kegiatan Pelatihan Pelayanan Tamu berlangsung satu hari, dihadiri oleh pengurus dan karyawan DPP WI, Pengurus DPC Makassar dan GowaGuru YPWI, pengelola bursa ukhuwah, pengelola BMT Al Amin, serta unit lembaga dan usaha lembaga Wahdah Islamiyah. (aboerts)