Biografi Imam Muslim

Date:

Nama lengkapnya Muslim bin Al-Hajjaj bin Muslim bin Ward bin Kawisyadz Al-Qusyairi An-Naisaburi.
Kunyahnya Abul Husain.

Imam Adz-Dzahabi berkata, “Imam Muslim lahir pada tahun 204 Hijriyah dan aju mengira dia lahir sebelum tahun tersebut.”

Sanjungan Para Ulama Terhadapnya

Abu Quraisy Al-Hafidz berkata, “Aku telah mendengar Muhammad bin Basyar berkata, “Orang paling hafidz di dunia ini hanya ada empat, yaitu; Abu Zur’ah di daerah Rai, Imam Muslim bin Al-Hajjaj di daerah Naisabur, Abdullah Ad-Darimi di daerah Samarqand dan Muhammad bin Ismail (Imam Al-Bukhari) di daerah Bukhara.”

Imam An-Nawawi yang telah mensyarah Kitab Shahih Muslim mengatakan, “Para Ulama telah sepakat akan keagungan, keimanan dan tingginya martabat Imam Muslim bin Al-Hajjaj dalam membuat karya Kitab Shahih Muslim. Melalui karya tersebut, dapat diketahui betapa kokoh keilmuan dan dahulunya dia melebihi yang lain. Sistematika penulisan yang tertib dan periwayatan hadith dengan baik tanpa ada sebelumnya, tanpa lebih dan kurang merupakan bukti nyata atas semua yang aku sampaikan ini.”

Pentingnya Kitab Shahih Muslim

Adapun mengenai perkataan Ulama tentang Kitab Shahih beliau, maka sangatlah banyak, di antaranya adalah perkataan Al-Hafidz Ibnu Hajar, beliau berkata, “Dalam Kitab Al-Jami’ karya Imam Muslim bin Al-Hajjaj terdapat kandungan dan manfaat yang besar yang belum dapat dihasilkan oleh orang lain. Oleh karena itu, ada sebagian ulama lebih mengunggulkannya atas Kitab Ash-Shahih karya Imam Al-Bukhari karena beberapa pertimbangan.
Di antaranya karena faktor terkumpulnya semua jalur periwayatannya hadits dan pola penyampaian yang mudah dipahami pembaca. Di samping itu, Imam Muslim selalu berusaha menyampaikan matan hadits sebagimana dia terima dari syaiknya tanpa memutus riwayat dan tidak pula meriwayatkan hadits dengan maknanya. Sebagian penduduk Naisabur telah berusaha untuk mencoba meniru seperti yang telah dilakukan Imam Muslim dalam kitab karyanya Al-Jami’, akan tetapi mereka tidak mampu. Maha Suci Dzat Pemberi yang pemberian-Nya sangat banyak.”

Jumhur Ulama berpendapat bahwa Shahih Bukhari lebih shahih dari Shahih Muslim, walaupun ada sebagian ulama yang lebih mengunggulkan Shahih Muslim disbanding Shahih Bukhari dengan beberapa sebab.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata, “Para ulama telah sepakat bahwa ilmu Imam Bukhari lebih agung dan dia lebih mengerti membuat Kitab hadits daripada Imam Muslim. Sesungguhnya Imam Muslim adalah murid dan alumni Imam Bukhari yang senantiasa menimba ilmu darinya dan mengikutinya. Oleh karena itu, Ad-Daruquthni berkata, “Kalau tidak ada Imam Bukhari, maka Imam Muslim tidak akan bisa seperti itu dan Imam Muslim tidak akan menghasilkan karya seperti ini.”

Wafatnya

Menurut Imam Adz-Dzahabi, Imam Muslim meninggal pada bulan Rajab, tahun 261 Hijriyah.

Dan Al-Khatib Al-Baghdadi telah menceritakan Kitab wafanya beliau dalam kitabnya Tarikh Baghdad, beliau berkata, “Ahmad bin Salamah berkata, “Sewaktu Imam Muslim sedang mengajar, ada seseorang menanyakan sebuah hadits yang tidak diketahui oleh Imam Muslim. Kali beliau keluar dari tempat mengajar menuju rumahnya. Setelah menyalakan lampu, dia berpesan kepada keluargannya bahwa malam itu dia tidak boleh diganggu.
Salah seorang keluarga Imam Muslim mengatakan, “Pada waktu yang bersamaan Kami menerima hadiah kurma, lalu Kami menyuguhkan kurma tersebut kepada beliau. Di saat ia mencari hadits, tangannya mengambil kurma satu demi satu dan memakannya sampai kenyang. Ketika kurma itu habis, ia baru menemukan hadits yang dimaksud. Bermula dari memakan kurma itulah, Imam Muslim lalu menderita sakit perut dan akhirnya meninggal dunia.”

Imam Al-Hakim juga berkata, “Dari kisah beberapa sahabatku, semakin yakin aku bahwa Imam Muslim meninggal akibat makan kurma.”

Demikianlah biografi singkat Imam Muslim, salah seorang Ulama Kami muslimin yang harum namanya sampai akhir zaman. Semoga Allah mengampuni dosa-dosanya dan semoga rahmat Allah senantiasa tercurahkan padanyanya. Aamiin.

Diringkas dari Kitab Min A’Alaamis Salaf, karya Syaikh Ahmad Farid

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

Catat Tanggalnya! Tabligh Akbar Syawal Wahdah Islamiyah Akan Digelar di Butta Salewangang

MAKASSAR, wahdah.or.id - Seperti kebiasaan tiap tahunnya, pasca Ramadan,...

Wahdah Inspirasi Zakat Salurkan Paket Iftar Berisi Nasi dan Ayam Khas untuk Warga Khan Yunis

KHAN YUNIS, wahdah.or.id – Memasuki penghujung bulan suci Ramadhan,...

Jangan Sampai Tidak Hafal! Ini Doa yang Nabi Ajarkan Ketika Bertemu Malam Lailatul Qadr

MAKASSAR, wahdah.or.id - Ramadan tahun ini 1445 H/2024 M,...