Berjalan Selama Dua Tahun, Yuk Kenali Lebih Dalam Program Kaderisasi Ulama (PKU) STIBA Makassar

Date:

MAKASSAR, wahdah.or.id – Program Kaderisasi Ulama (PKU) telah memasuki usia dua tahun sejak peluncurannya pada bulan September 2021. Program yang bertujuan untuk membentuk generasi ulama yang berkualitas ini telah mencapai beberapa prestasi menonjol selama dua tahun terakhir. Dengan sepuluh mahasiswa dan para pengajar pilihan, PKU telah berhasil mengukir sejumlah capaian menggembirakan.

PKU ditangani langsung oleh sejumlah dosen pengajar terkemuka, antara lain Syekh Dr. Mohammad Monqez al-Ashiil, Syekh Dr. Ahmad Muhammad ‘Abd al-Hadi al-Mishri, Ustaz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A., Ph.D., Ustaz Akhmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A., Ph.D., Ustaz Dr. Muhammad Basran, Lc., M.A., Ustaz Dr. Rustam Koly, Lc., M.A., Ustaz Dr. Kasman Bakry, M.H.I. dan lainnya.

Selama dua tahun terakhir, mahasiswa PKU telah mencapai sejumlah prestasi menggembirakan, di antaranya dalam hafalan mutun, mereka telah berhasil menyelesaikan hafalan beberapa matan penting, termasuk Matan Abi Syuja’, al-Waraqat, al-Ajurumiyyah, al-Manzhumah al-Baiquniyyah, dan banyak matan lainnya.

Dalam bidang hafalan al-Qur’an, tak hanya menyelesaikan hafalan dalam riwayat Hafs, dua mahasiswa yaitu Arfan dan A. M. Nur Atma Amir juga mampu menyelesaikan hafalan al-Qur’an riwayat Syu’bah.

Berkaitan dengan kitab-kitab turats, mahasiswa PKU tidak hanya mendapatkan wawasan mendalam yang disajikan oleh para dosen pengajar, tetapi mereka juga dengan tekun menghafalkannya.

Kitab Bulughul Maram adalah salah satu dari kitab turats yang dihafal oleh para mahasiswa PKU. Kini, tiga mahasiswanya, yaitu Andi Muh. Ihsan Yusuf, Muh. Shiddiq Aminullah, dan Arfan telah berhasil menyelesaikan hafalan kitab tersebut.

Menurut Ustaz Muhammad Shiddiq Abdillah, Lc., M.A., yang baru saja mengakhiri amanahnya sebagai Sekretaris PKU, masa pembelajaran awalnya dijadwalkan selama dua tahun, namun telah diperpanjang menjadi tiga tahun. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa mahasiswa dapat mendalami ilmu agama dengan lebih mendalam dan komprehensif.

Dalam seremoni Pengukuhan Struktur Pengelola STIBA Makassar 2023—2027 baru-baru ini, salah satu yang turut dilantik oleh Ketua STIBA Makassar adalah ketua dan sekretaris PKU. Sebagai ketua, Ustaz Dr. Maulana La Eda, Lc., M.A. menggantikan Ustaz Dr. Muhammad Basran Yusuf, Lc., M.A. Ustaz Maulana dalam acara pengukuhan ini hadir secara daring karena masih berada di Arab Saudi. Sementara amanah sebagai sekretaris dipercayakan kepada Arfan, S.S., M.Ag.

Dalam pernyataannya pada Rabu (13/9/2023), Ketua STIBA Makassar menyampaikan harapannya agar pergantian struktur ini dapat membawa perubahan positif bagi PKU.

“Dengan pergantian struktur ini, mudah-mudahan bisa lebih baik. Ke depan, kapasitas pembelajaran akan ditingkatkan, dan kualitas keilmuan mahasiswa PKU juga dapat lebih meningkat,” ujarnya.

“Untuk mahasiswa angkatan pertama ini, tentunya akan ada program-program penguatan sehingga di masa penambahan satu tahun ini bisa lebih maksimal, baik dari sisi kapasitas keilmuan maupun kemantapan hafalan yang memang menjadi ciri khas dari istilah ulama dalam Islam,” tambahnya.

Lebih lanjut, Ustaz Akhmad menekankan bahwa dalam Islam, kedalaman keilmuan dan kekuatan hafalan merupakan salah satu ciri khas dari ulama.

“Kapasitas keilmuannya yang mendalam dan kuatnya hafalan adalah salah satu ciri khas daripada ulama. Tentunya, ditambah dengan rasa takutnya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, yang menjadi ciri khas lain yang dimiliki oleh para ulama,” ungkapnya.

Ketua STIBA Makassar juga menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus kepada semua pihak yang telah mendukung Program Kaderisasi Ulama ini.

Rep: Humas STIBA
Editor: Muh Akbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

Ketua DPW Maluku, Ust. Firman: Jaga Semangat Menolong Agama Allah, Allah Akan Berikan Pertolongan-Nya

AMBON, wahdah.or.id -- Satu lagi Dewan Pengurus Daerah Wahdah...

Turnamen Badminton Para Kader, Meriahkan Semarak Mukerda Wahdah Islamiyah Berau

BERAU, wahdah.or.id – Dakwah yang dilakoni oleh setiap Muslim...

Wahdah Islamiyah Bandung Raya Menggelar Tabligh Akbar “Al-Qur’an di Dadaku”

BANDUNG, wahdah.or.id --  Bertempat di Masjid Istiqamah Taman Citarum Bandung,...

Perdana! Tasyakuran Wisuda Dirosa Lembaga Khidmatul Qur’an DPD Wahdah Islamiyah Takalar dibuka Staf Ahli PJ Bupati Takalar.

TAKALAR, wahdah.or.id - Tasyakuran Wisuda Dirosa Angkatan Pertama Lembaga...
Penataran Seputar Ramadan 1445 H