Belajar Al-Qur’an Gratis Bersama LP3Q

(Koran RadarTarakan, Jumat 9 September 2011 halaman 8)

Sebagai salah satu lembaga yang peduli terhadap upaya pengembangan minat baca Al-Qur’an pada masyarakat, Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Al-Qur’an Kota Tarakan mencoba untuk melakukan langkah nyata dalam ini memulai program yang telah ada dalam rangka memberantas buta aksara Al-Qur’an dikalangan masyarakat.

Lembaga yang memiliki tujuan mulia ini berada dalam naungan organisasi kemasyarakatan (ORMAS) Wahdah Islamiyah Tarakan.  Keberadaaan LP3Q di Kota Tarakan hingga saat ini sudah memasuki usia 2 tahun. dalam perjalannya tersebut LP3Q mencoba untuk membangun suatu komitmen yang dimulai dari pembentukan kepengurusan pada tahun pertama dan pada tahun kedua LP3Q akan fokus mengerjakan program yang telah ada untuk menyentuh masyarakat luas

 

Ada tiga program yang ditawarkan LP3Q kepada masyarakat, yang pertama program pembelajaran tingkat Taman Kanak-Kanak (TK)  dan Taman Pendidikan Alquran (TPA) dengan sasaran pembelajaran anak usia dini hingga bangku sekolah dasar (SD). Program awal ini akan difokuskan pada pembelajaran di setiap masjid-masjid Tarakan, kemudian program Dirasa orang dewasa (Dirosa) yaitu pendidikan Al-Qur’an bagi orang dewasa. Progran ini merupakan program nasional dari LP3Q yang menjadi konsen LP3Q saat ini dengan alasan banyak muslim di tengah masyarakat pada usia ini yang belum bisa baca Al-Qur’an tapi kemudian meraka tidak punya wadah untuk belajar. ”system pembelajaran Dirosa ini bersifat fleksibel tergantung dari kesepakatan bersama antara peserta dan tenaga pergajar mengenai tempat dan waktu pelaksanaan.program ini idealnya dilaksanakan 2 kali seminggu dengan total pertemuan 20 kali,” kata ketua LP3Q Sudriman.

Lanjutnya,program Dirosa ini sudah berhasil mewisuda sebanyak 30 orang yang terdiri kaum ibu di kelurahan mamburungan yang dihadiri langsung oleh perwakilan dari kementerian Agama Kota Tarakan. serta program ketiga LP3Q adalah tahsin yaitu program pembelajaran Al–Qur’an tingkat lanjutan dengan memfokuskan pembeljaran pada tahap perbaikan bacaan sekaligus pengenalan hukum – hukum  tajwid Al-Qur’an pembelajaran program tasin ini akan difokuskan di masjid Attauhid Gunung lingkas  kota Tarakan. “ beberapa program tersebut, khususnya dirosa sebelumnya juga telah kami publikasikan melalui media online dan SMS. Alhamdulillah cukup mendapat  respon dari masyarakat. Dari hasil tersebut selanjutnya kami follow up kemudian akan dibentuk kelompoknya lalu ditentukan tempat dan waktu pelaksanaannya khusus untuk program Dirosa,” terang sudirman lagi.

Dijelaskan, jika program ini berjalan dengan lancar dan mendapat respon positif dari masyarakat, di akhir pertemuan nanti pihaknya akan melaksanakan acara wisuda dan pemberian sertifikat kepada peserta. Kami yakin bahwa program ini bisa disambut dengan baik oleh masyarakat jika dilihat dari fakta lapangan. Banyak Masyarakat yang antusias terhadap program ini pungkasnya. Program mulia ini tidak dipungut biaya (gratis) jadi kepada siapapaun yang ingin belajar baca Al-Quran tanpa harus mengeluarkan biaya sepersenpun segera bergabung bersma LP3Q untuk informasi lebih lanjut dapat mengubungi sudirman di no HP 085228992215 atau bisa datang langsung ke masjid At-Tauhid Gang Akasia belakang bengkel Putra Jaya Kelurahan Gunung Lingkas Tarakan (adv/ant) e-paper

 

Artikulli paraprakWahdah Gorontalo Gelar Tabligh Akbar
Artikulli tjetërTabligh Akbar Wahdah di Rumah Ketua Komisi II DPRD Sidrap

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini