BAGAIMANA MEMBANGKITKAN KECERDASAN BELAJAR ANAK DIDIK
Oleh Darmin M. Yusuf

Pada awal tahun pelajaran 2006/2007, ada saja yang mempersyaratkan calon murid baru untuk mengikuti tes seleksi untuk mengetahui kemampuan dasar anak didik, hal ini bagi calon orang tua murid menjadi suatu kekhawatiran, jangan sampai anaknya tidak diterima pada sekolah yang diinginkan.

Sebenarnya kita tidak perlu ragu atas persyaratan itu bila sudah terpenuhi. Masalah persaingan tingkat kecerdasan anak yang dikhawatirkan? Tergantung dari orang tua/pendidik bagaimana mengetahui cara membangkitkan kecerdasan belajar. Untuk membantu anda orang tua/pendidik, maka bacalah tulisan ini.

Setiap orang paling tidak memiliki delapan “pusat kecerdasan”, bahkan mungkin lebih. Berikut delapan jenis kecerdasan tersebut sekaligus beberapa cara yang bisa anda gunakan dalam membantunya belajar.

1.    Kecerdasan Linguistik. Pandai dalam mengolah kata-kata..
Ciri-cirinya:
•    Menyenangi cerita-cerita
•    Senang membaca dan menulis
•    Mudah mengungkapkan perasaan dengan kata-kata, baik lisan maupun tulisan
•    Punya ingatan tajam tentang hal-hal sepele

Cara membangkitkan kecerdasan ini:
•    Minta ia menceritakan hal-hal yang diketahuinya
•    Melakukan permainan kosa kata
•    Libatkan ia dalam menempel, memasang dan melipat kertas
•    Ajak ia berdiskusi

2.    Kecerdasan Logis-Matematis. Pandai dalam sains dan matematika.
Ciri- cirinya:
•    Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan angka dan menghitung
•    Suka mencatat secara teratur
•    Senang menganalisa

Cara membangkitkan kecerdasan ini:
•    Dorong ia mencari solusi/memecahkan masalah
•    Biarkan segala sesuatu diselesaikan secara bertahap
•    Coba eksperimen praktis

3.   Kecerdasan Spasial. Pandai mempersepsi apa yang dia lihat
Ciri-cirinya:
•    Mudah membaca peta, grafik dan diagram
•    Suka seni; menggambar, melukis dan memahat
•    Menyukai bacaan yang penuh gambar-gambar berwarna
•    Senang merekam peristiwa/kejadian dengan video kamera

Cara membangkitkan kecerdasan ini:
•    Gunakan gambar dalam belajar
•    Buat coretan/simbol-simbol untuk melambangkan sesuatu
•    Ajarkan ia peta pikiran

4.    Kecerdasan Kinetik. Pandai dalam keterampilan olah tubuh dan gerak
Ciri-cirinya:
•    Senang berolah raga
•    Resah jika tak melakukan apa-apa
•    Menyukai pelajaran olah raga
•    Belajar paling efektif dengan bergerak

Cara membangkitkan kecerdasan ini:
•    Ajak ia bermain peran
•    Gunakan gerak untuk belajar
•    Padukan gerak dengan semua mata pelajaran

5.    Kecerdasan Musikal. Pandai dan peka dalam nasyid/bernyanyi
Ciri-cirinya:
•    Bisa dan senang bernasyid/bernyanyi
•    Dapat membedakan bunyi berbagai macam bunyi
•    Suka bersenandung

Cara membangkitkan kecerdasan ini:
•    Belajar lewat nasyid
•    Kondisi pikiran tenang bila mendengar nasyid

6.    Kecerdasan Interpersonal. Pandai memahami pikiran dan perasaan orang lain (kecerdasan sosial)
Ciri-cirinya:
•    Suka memilki banyak teman
•    Menyukai pekerjaan yang berhubungan dengan orang lain/kelompok
•    Pandai berkomunikasi
•    Banyak teman yang senang kepadanya

Cara membangkitkan kecerdasan ini:
•    Dorong ia untuk melakukan aktifitas belajar bersama-sama
•    Sering bekerja kelompok
•    Minta ia untuk mengajari/membantu kesulitan belajar saudaranya
•    Rayakan/beri hadiah atas kesuksesannya

7.    Kecerdasan Intrapersonal. Pandai dalam mengelola perasaan dan kemampuan diri sendiri
Ciri-cirinya:
•    Memiliki motifasi diri yang tinggi
•    Suka menyendiri
•    Menyadari akan kelebihan dan kekurangan diri sendiri
•    Ingin berbeda dengan orang kebanyakan

Cara membangkitkan kecerdasan ini:
•    Berikan kesempatan pada dirinya sendiri untuk menguatkan percaya dirinya bahwa ia mampu
•    Lakukan tanya jawab sesering mungkin
•    Ajarkan penguatan dirinya

8.    Kecerdasan Natural. Pandai dan peka pada hal-hal yang berhubungan dengan alam dan lingkungan hidup
Ciri-cirinya;
•    Senang memelihara binatang, merawat tanaman
•    Menyukai kegiatan yang berhubungan dengan alam, seperti berkebun dan memancing
•    Mempunyai perhatian terhadap masalah lingkungan hidup

Cara membangkitkan kecerdasan ini:
•    Beri ia kepercayaan dan tanggung jawab dalam pengelolaan tanaman
•    Beri amanah ia bertanggung jawab kebersihan rumah atau sekolah
•    Ajak ia mengunjungi tempat perlindungan satwa.

Wallahu A’lam Bish-showab
(Dikutip dari buku Quantum Teaching)

Artikulli paraprakPRE-EKLAMPSIA–EKLAMPSIA
Artikulli tjetërUP Grading Pengurus

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini