Awal Ramadhan, Makkah Punya ‘Big Ben’

Proyeksi  hasil akhir jam raksasa di Mekkah

REPUBLIKA.CO.ID, MEKKAH–Menara Jam terbesar di dunia segera dibangun dekat kota suci Makkah. Pemerintah Arab Saudi berencana menyelesaikan proyek itu hingga awal Ramadhan nanti. 

 

Proyek itu dikembangkan oleh dua insinyur dari Jerman dan Swiss yang membawahi para ahli dari berbagai negara di Eropa dan Dunia. Sejauh ini proyek telah berlangsung selama tiga bulan.

Seperti yang diberitakan Saudi Press Agency, 4 Agustus, bangunan yang bakal mengalahkan menara Jam legendaris Big Ben ini berukuran setinggi 601 meter dengan tinggi jam hingga 251meter.  Melalui menara ini, kelak penduduk Makkah bisa melihat pemandangan kota tersebut hingga 7 km.

Proyeksi hasil  akhir jam raksasa di Mekkah 

 

Gaya arsitektur bangunan banyak mengadopsi kebudayaan Islam. Khusus desain jam dibuat menjadi empat bagian. Nama Allah akan tertulis disetiap empat bagian jam tersebut. 

Untuk kemudahaan pengunjung, menara jam akan dilengkap 2 elevator.  Rencananya, bangunan ini akan diletakan dekat lima menara proyek amal Raja Abdul Aziz yang menghadap kota suci Makkah.(Republika.co.id)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here