Alif TV Menyapa Keluarga Indonesia

JAKARTA — Stasiun televisi bernapaskan Islami Alif TV siap mengudara secara resmi di Tanah Air. Siaran yang ditayangkan melalui televisi satelit berbayar Telkomvision itu telah diluncurkan secara resmi pada Rabu (20/10) di Balai Sarbini, Plaza Semanggi, Jakarta Selatan.

 

Siaran percobaan Alif TV telah mengudara sejak pertengahan Agustus lalu dan menarik perhatian berbagai kalangan masyarakat. Chief Executive Officer Alif TV Adrian Syarkawi mengatakan, Alif TV akan memanjakan para pemirsa dengan tayangan segar dan mendidik.

Islam menjadi napas dalam setiap tayangan, ”Kita tampilkan tayangan Islami yang sifatnya bukan menggurui. Kami harapkan dapat menginformasikan tentang Islam yang sebenarnya, damai, dan jauh dari kekerasan,” ujar Adrian dalam konferensi pers di Emax Cafe, Plaza Semanggi, Selasa (19/10).

Dalam peluncuran Alif TV diputar film pendek berjudul ‘Apa itu Islam’. Film garapan sutradara muda Hanung Bramantyo itu menceritakan tentang nilai dan eksistensi Islam sebagai rahmat seluruh alam.

Terkait dengan isi acara yang akan disajikan Alif TV, Programming General Manager Alif TV Celerina Tjandra Judisari menjanjikan tayangan segar yang belum ada di stasiun televisi lain. Antara lain, acara dakwah dengan kemasan santai. ”Jadi, akan ada sebuah acara dakwah di mana sang penceramah akan hadir di tengah komunitas kawula muda. Dan juga berbagai kemasan dakwah yang kesannya tidak menggurui,” kata Celerina.

Mengenai porsi acara di Alif TV, pada pagi hari pemirsa akan disuguhi tayangan dakwah dan liputan mengenai kewanitaan, termasuk kuliner halal. Menginjak petang, sejumlah tayangan hiburan siap disajikan. Khusus untuk drama, Alif TV akan menggandeng sejumlah production house untuk menggarap film berkualitas.

Kemudian, pada petang hingga malam, tersedia acara bimbingan Alquran bagi anak. Selain itu, tayangan berita untuk mengupas isu dan peristiwa hangat juga tak ketinggalan mengisi porsi tayangan Alif TV. Dengan semua program acaranya, Alif TV siap memberi kesejukan di tengah keluarga Indonesia.

”Acara kami dikemas untuk segala kalangan umur. Tapi, sasaran kami adalah keluarga. Program kami 100 persen Islami dengan mengedepankan kedamaian dan kesejukan. Kami harap dapat menampilkan dan meluruskan citra Islam sebagai rahmatan lil alamin,” kata Celerina.

 

Rudi Laksana dari Mahaka Media menjelaskan, Alif TV merupakan salah satu unggulan Mahaka Media. Dia pun menargetkan pemirsa Alif TV menembus kisaran satu juta. ”Ini adalah bagian target kami bersama Telkomvision,” katanya.

Direktur Utama Telkomvision Elvizar pun optimistis Alif TV dapat memberi pilihan lain bagi pemirsa Tanah Air. Dia yakin kualitas TV berbayar Telkomvision akan lebih bervariasi dan ber kualitas, sehingga mampu bersaing di level internasional. ‘’Kami yakin Alif TV akan sukses karena memiliki tayangan berbeda di antara stasiun lain,’’ ujarnya.

Di tengah serbuan tayangan hiburan dan infotainment di sejumlah stasiun televisi, Alif TV muncul dengan sesuatu yang baru. Program-program bernapaskan Islami menjadi menu utama dari stasiun yang tayang di televisi berbayar Telkomvision itu. Program pendidikam bagi anak, hiburan untuk remaja, serta tayangan informatif bagi para orang tua dikemas utuh dalam napas Islami yang sejuk dan damai.

Maka, kemunculan Alif TV mendapat apresiasi dari Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Dadang Rahmat Hidayat. Alif TV diharapkan dapat menjadi alternatif bagi masyarakat dengan tayangan yang mencerahkan. ”Saya pikir ini bagus. Visi dan misi yang ditawarkan sangat baik. Tayangannya yang memberikan pencerahan menjadi alternatif tersendiri bagi masyarakat,” kata Dadang.

Dia berharap, munculnya Alif TV mampu memacu stasiun televisi lain untuk menayangkan konten acara yang mendidik serta kaya akan nilai dan norma. ”Kami harap acaranya bisa dibagi ke stasiun TV lokal dan nasional,” pungkasnya. ed: rahmad budi harto 

Erick Thohir: TV Islam, Kini Impian itu Terwujud

Ide TV Islam telah lama berada dibenak. Saat itu Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) mengimpikan adanya TV Islam di Indonesia. Demikian napak tilas Direktur Utama Beyond Media, Erick Thohir dalam sambutannya sebelum meresmikan AlifTV yang berlangsung di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (20/10). "Kini impian itu terwujud," kata Erick.

Erick memaparkan, baginya Islam adalah rahmatan lil alamin. Islam juga diyakininya sebagai agama yang memberi rahmat, perdamaian dan menyejukan. "Surat Al-Imran 112 mengatakan Selain Takwa, sesama manusia harus saling menghormati. Sejarah mengatakan keyakinan terhadap Tuhan membimbing bangsa ini menuju kemerdekaan," paparnya.

Dengan keyakinan ini, lanjut Erick, pihaknya memiliki TV Islam. "Kita ingin menjadikan Alif TV bisa mencerahkan dan menginspirasi umat islam dan terutama masyarakat Indonesia. Kami berharap masyarakat bisa menerima AlifTV," pungkas Erick.

Diantara Program-Program Unggulan:

Anganku: Sebuah program edutainment yang mengangkat realita kehidupan anak-anak di pedalaman yang ber angan-angan mempunyai profesi yang lebih tinggi…

Barokah: Program ini mengangkat kisah sukses para pengusaha muslim yang menjalankan usahanya dengan menerapkan syariat Islam. Bagaimana mereka memulai..

Dari Balik Hati: Menceritakan tentang kisah-kisah perjalanan hidup orang sukses dalam menjalankan dalam kehidupan sehari-harinya, baik hubungan dengan Tuhan ataupun dengan manusia

Fabyan Ingin Tahu: Petualangan seorang bocah berusia 6 tahun bernama Fabyan mengeksplor lingkungannya. mewakili bocah seusianya, Fabyan selalu kritis terhadap apa yang ia lihat, dengar dan ia rasakan

IMAGZ Islam Magazine: Program yang menyuguhkan kegiatan yang bernuansa islam general yang dikemas menjadi sebuah program-program tentang kehidupan yang ada disekitar kita.

Intisari Hadis: Pengenalan sejak dini tentang pentingnya memahami dan menjalankan petunjuk yang dianjurkan dalam agama Islam, melaksanakan perintahnya dan menjauhi larangannya perlu ditanamkan kepada anak-anak kita di dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Jumatan Bersama Ustadz: Apakah anda pernah penasaran tentang apa sih yang dilakukan seorang Ustadz yang memberikan Khotbah Jum’at sebelum mereka datang.

Nyantap Yang Halal: sebuah program kuliner yang bertujuan memberikan informasi mengenai HALAL-nya sebuah makanan. Baik dari bahannya, peralatan yang digunakan, sampai kepada hasilnya. Program ini juga memberikan panduan memasak, lengkap dengan tahapan-tahapannya .

Silaturahim: Silaturahim merupakan acara dimana bertemu dan menebarkan kasih sayang dimana saja, bisa di jalan dipasar bahkan dirumah sakit

Singgah: Program Singgah merupakan program reality show yang menceritakan tentang rasa kehidupan tinggal dipesantren selama 24 jam penuh, Indonesia.

Syi’ar: Program ini merupakan sebuah program tayangan bernuansa islami berisi liputan tentang media-media yang digunakan sebagian orang dalam melakukan syiar islam

Tausyiah on The Street :Program menarik lainnya adalah Tausyiah on The Street, sebuah program dakwah dalam bentuk lain yang lebih spontan

Wajah Pesantren:Program ini akan mengemas tentang kehidupan didalam pesantren saat ini yang mana pesantren banyak dianggap orang sebagai sarang teroris atau sebagai tempat mengajarkan kekerasan dan kebencian terhadap agama lain


Wajah-Wajah Muslim Indonesia: Islam datang ke Indonesia sebagai pembawa damai, pembawa persatuan and pembawa kemajuan, tetapi perilaku sebagian pemeluknya sangat bertentangan

Yang Terpilih: Biografi tokoh-tokoh muslim, Mengangkat biografi tokoh-tokoh Muslim di Tanah Air melalui testimoni sahabat karib atau kerabat terdekat Jejak

Sekilas Tentang Alif TV

Alif Tv berada dibawah PT. Beyond Media. Pemilik PT.Beyond Media Erick Thohir, merupakan pemegang Saham mayoritas dari PT.Mahaka Media Tbk.,dengan anak perusahaan diantaranya : Republika sebagai surat kabar Muslim terbesar di Indonesia, Golf Digest Indonesia sebagai Majalah Golf No.1 di Indonesia, serta Prambors, Delta dan Female FM yang merupakan jaringan radio terbesar di Indonesia. Info Lengkapnya dapat dilihat di www.aliftv.co.id (Republika Online dan dari berbagai sumber)
 

Artikulli paraprakMengapa Membaca Al Quran
Artikulli tjetërUIN Malang, Kuliah Gratis Bagi Penghafal Al Qur’an

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini