3 Hal Penting Dalam Da’wah

Date:

syaikh khalid al hamudy

Hendaknya seorang da’i memperindah da’wahnya dengan tiga hal. Yakni; ilmu, rifq, dan sabar. Hal ini dinyatakan oleh Direktur Haiah ‘Alamiyah Lit Ta’rif bil Islam, Syekh Khalid al Hamudiy pada pembukaan Daurah al-Mu’arifin bil Islam ats Tsaniyah di Bogor, Rabu (13/8/2014).
Da’wah hendaknya dibangun dibangun di atas ilmu yang benar, yang bersumber dari al Qur’an dan sunnah. “Orang yang berda’wah tanpa ilmu dikhawatirkan akan menggiring pada kesesatan dan kerusakan”, terangnya.
Selain itu da’wah juga harus dihiasi dengan kelemah lembutan (ar rifq). Karena rifq membuat da’wah makin indah dan sampai ke hati objek da’wah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah kelembutan (ar rifq) diletakkan pada sesuatu, melaikan ia memperindahnya. Tidaklah ar rifq tercerabut dari sesuatu melainkan ia pasti memperburuknya”.
Perkara ketiga yang perlu diperhatikan dalam da’wah menurut syekh al Hamidi adalah sabar. “Seorang da’i hendaknya bersabar dalam da’wahnya dan tidak tergesa-gesa mengharap hasil”. Karena “hidayah di tangan Allah. Dia memberi hidayah kepada yang dikehendaki-Nya”. (Sym)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

5 Olahraga Rekomended untuk Lansia: Badan Sehat, Ibadah Jadi Semangat!

Wahdah.Or.Id -- Menjaga kesehatan dan tetap aktif di usia...

Menginspirasi! Wahdah Mamuju Rangkul Umat dengan Program Tabungan Kurban dan Libatkan Tim Dokter dari Dinas Peternakan

MAMUJU, wahdah.or.id -- Dalam semangat menyemarakkan Idul Adha 1445...

Khawatirkan Pendistribusian, Ust. Fikrul dan Panitia Hanya Menerima 14 Ekor Sapi dan 5 Kambing

PADANG, wahdah.or.id - Ibu kota Sumatera Barat, Kota Padang,...