150 Maba Ma’had ‘Aly al Wahdah Ikuti Kuliah Perdana

Makassar DPP, Sebanyak 150 Mahasantri baru Ma’had Aly al Wahdah, Sabtu 9 Oktober 2010 mengikuti kuliah perdana di Masjid al Ihsan Kampus Ma’had ‘Aly al Wahdah yang dibawakan oleh Dr.Mustafa bin Karamatillah Mahdum al Qari’,salah seorang Dosen Perguruan Tinggi Negeri di Saudi Arabia.

Kuliah perdana ini diisi sambutan oleh Wakil Ketua Umum DPP Wahdah Islamiyah Ustadz Muhammad Ikhwan Abd.Jalil, Lc, dalam sambutannya ustadz menekankan betapa pentingnya peran Ma’had dalam memberikan konstribusi kemajuan agama.

Sebagai contoh nyata, seorang Ulama bernama Sultan Nuruddin al Singki dalam usahanya untuk kembali merebut al Aqsa Palestina, cikal bakalnya adalah mendirikan sebuah lembaga pendidikan “Darul Hadis”, tempat menempah kaum muda untuk menempuh Ilmu Agama. Berkat lembaga pendidikannnya ini, Salahuddin al Ayyubi yang merupakan Alumni Angkatan III Darul Hadis inilah yang berhasil merebut kembali al Aqsa.

Menurut Ustadz, melalui gerakan talim dan tarbiyah inilah yang berhasil mencetak kader yang memberikan sumbangsi dalam kemenangan agama.
Lanjut Ustadz, perubahan yang dilakukan di masyarakat dimulai dari perubahan dari pribadi-pribadi, olehnya itu perlu pengorbanan,teladan serta  tidak cepat berputus asa. “bagaimana nantinya kita, tergantung apa yang kita lakukan sekarang,”papar Ustadz.

Ustadz juga mengemukakan ten tang pengaruh Globalisasi saat ini, menurutnya perkembangan teknologi cenderung me ngarahkan masyarakat me njadi kaum hedonis, kebudayaan yang memuaskan syahwat. Juga perkembangan teknogi jika tidak disikapi dengan bijak, maka akan membuat ummat jadi malas. “Berbagai fenomena yang ada tidak cukup diratapi, dianalisasi akan tetapi harus ada langkah nyata untuk merubahnya, dan bertanya apa yang harus atau telah kita kerjakan untuk agama ini,” tegas Ustadz.

Ustadz berharap agar Ma’had ‘Aly ini dijadikan wadah perubahan walaupun dari segi kuantitas masih kurang, akan tetapi bila berkualitas akan bisa memberi andil untuk Islam dan Kaum muslimin.

Selain dihadiri maba (Ikhwan 98, akhwat 52), kuliah perdana ini juga dihadiri oleh mahasantri tingkat lanjutan. Syaikh Dr.Mustafa setelah beri kuliah, memberikan muhadharah untuk Lembaga Muslimah dan dijadwalkan mengisi Ta’lim Malam Ahad di Masjid Wihdatul Ummah. Dok.1, Dok.2, Dok.3

Artikulli paraprakAl-Azhar: Tidak Ada Dialog dengan Iran Sebelum Kuburan Abu Lu’lu’ah Dibongkar
Artikulli tjetërPelatihan Al Quran DPC Sidrap

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini