Ketika di-sampling 2 jawaban tertulis dari peserta, semuanya menjawab ingin jadi pengusaha sukses. Alhamdulillah, baik sekali itu, kata si pemateri dengan senyuman. Lalu pemateri lanjutkan pertanyaannya.

5 tahun ke depan dari sekarang, apa yang Anda harapkan?

Semuanya jawaban sampling mengatakan: ingin mendapatkan dan menjalankan bisnis yang lancar. Alhamdulillah, baik sekali, kata si pemateri dengan tersenyum.

1 tahun ke depan (tahun depan), apa yang mau Anda raih?

1 peserta mengatakan ingin mulai rintis usaha kecil-kecilan. 1 lagi bilang ingin menyelesaikan tugas-tugas dan urusan-urusan kuliah dulu. Bagus sekali kata si pemateri.

Kalau 70 tahun ke depan, apa yang mau Anda dapatkan?

Semuanya semangat dan tanpa ragu bilang: ingin menikmati hasil usahanya dari bisnis yang sudah sukses. Ada yang mau keliling dunia, dan sebagainya. Luar biasa, kata si pemateri, tetap sambil tersenyum.

Lalu si pemateri bertanya: kalau 70 tahun ke depan, kita kira-kira kita masih hidupkah? Para peserta menjawab lirih: sudah mati …. Lantas, kata si pemateri, kenapa sudah tahu 70 tahun lagi itu kita hampir pasti sudah mati, kenapa tidak ada yang berharap masuk Surga?

Seharusnya, akhir kehidupan kita itulah tujuan hidup kita, yaitu surga Allah, kata si pemateri. Lalu jadikan semua tahapan hidup kita sebelum kematian itu diisi dengan ketaatan-ketaatan kepada Allah sang pencipta alam semesta.

Oleh Ustadz Muhyi

Berita sebelumyaTalkshow Kesehatan Muslimah Wahdah Balikpapan
Berita berikutnyaTabligh Akbar Bersama Syaikh Al Zaidani – Wahdah Gorontalo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here